Faktual dan Berintegritas

PADANG -  Kembali dari melakukan kunjungan kerja ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta untum koordinasi penanganan darurat abrasi Pantai Padang sekaligus penyerahan dokumen penanganan Covid-19, Gubernur Sumbar,  Irwan Prayitno bersama staf menj/:alani PCR (Polymerase Chain Reaction) swab test setibanya di Bandara Internasional Minangkabau, Rabu (12/8).

“Swab test salah satu langkah guna mendeteksi dan antisipasi penyebaran Covid-19. Apalagi saya baru berkunjung ke daerah zona merah yang penyebarannya sama-sama kita ketahui sendiri. Mencegah terjadinya hal-hal tak diinginkan, saya bersama staf lakukan swab test,” kata Irwan.

Ia minta kepada pejabat yang kembali dari perjalanan untuk tidak takut melaksanakan tes swab di Bandara setelah mendarat. "Tesnya cepat dan nyaman. Saya saja karena tuntutan tugas, telah lebih 10x melakukan tes PCR. Apalagi tes PCR di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) gratis tak dipungut bayaran. Semua biaya ditanggung pemerintah provinsi Sumatera Barat," terang gubernur.

Dengan melaksanakan tes swab, gubernur menunjukkan kepada jajarannya untuk mematuhi aturan yang telah ada. “Tak ada pengecualian untuk hal ini. Siapa saja yang melakukan perjalanan dinas luar daerah wajib hukumnya melaksanakan swab test. Meskipun dari daerah hijau sekalipun,” tegasnya.

Gubernur mengingatkan, siapa saja bisa terkena virus corona. Tak ada jaminan kebal dari Covid-19. “Sudah banyak contoh kasus terjadi, pejabat daerah terkonfirmasi positif. Kita musti selalu waspada. Jangan sampai kita yang jadi carrier. Sayangi keluarga dan orang-orang terdekat. Untuk itu, lakukanlah swab jika kembali dari luar daerah. Ciptakan antisipasi dini penyebarannya,” kata Irwan

Terkait itu,  gubernur minta seluruh ASN, karyawan BUMN, BUMD, pejabat daerah di lingkungan Provinsi Sumbar untuk mencontoh langkah uang ia lakukan melakukan tes swab pulang dari perjalanan luar daerah. (rls)

 
Top