PADANG - Puluhan wartawan di Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa (25/8) menjalani tes swab gratis di Puskesmas Andalas, Padang. Kegiatan itu sebagai bentuk antisipasi agar tidak tertular virus Covid-19.

Kegiatan yang digagas Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sumbar dan difasilitasi oleh Gugus Tugas Covid-19 Sumbar serta Dinas Kesehatan Kota Padang ini, dilakukan untuk memastikan jurnalis tidak terpapar virus Corona. Selain anggota IJTI, dalam tes swab ini ikut anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumbar.

“Kegiatan ini dilakukan setelah satu orang anggota IJTI diketahui positif Covid-19. Kita perlu melindungi jurnalis, karena interaksi mereka di lapangan sangat aktif,” kata Ketua IJTI Sumbar, John Nedy Kambang.

Sementara itu, Ketua SMSI Sumbar Zulnadi yang didampingi sekretarisnya Gusfen Khairul, juga ikut dalam tes swab ini. “Tes swab penting dilakukan, untuk melindungi jurnalis, keluarga dan lingkungannya, agar sehat, aman dan nyaman beraktifititas,” kata Zulnadi.

Jurnalis yang ikut tes swab ini mengaku tidak merasakan sakit. “Geli geli dan tidak ada sakit, berbeda dengan informasi yang beredar,” kata Rino Zulyadi, salah satu wartawan senior yang ikut dalam tes ini. Hal yang sama juga dirasakan oleh Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus.

“Swab ini tidak ada sakit sedikit pun, hanya geli seperti digelitik. Kami mengimbau kepada wartawan untuk berinisiatif memeriksakan diri swab, karena wartawan bergerak aktif di lapangan dan tidak tahu kita apakah terpapar atau tidak,” kata Heranof Firdaus, yang juga ikut melakukan tes swab.

Dalam tes swab jurnalis tersebut juga  ikut Kadis PMD Sumbar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM yang dikenal dekat dengan wartawan.

“Saya sudah beberapa kali melakukan swab, terutama setelah melakukan perjalanan dinas luar daerah. Tetapi sebenarnya secara berkala kita sebaiknya swab untuk menjaga diri dan lingkungan kita supaya tidak terpapar Covid-19,” kata Syafrizal Ucok memberi motivasi. (sp)






 
Top