PADANG PARIAMAN - Sedikitnya delapan petak kios di depan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Nan Tongga, Simpang Jambak, Kecamatan Lubuk Alung, Padang Pariaman, hangus terbakar. Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 08.30 pagi itu mengakibatkan arus lalu lintas Padang - Bukittinggi terganggu.

Kapolres Padang Pariaman, AKBP Dian Nugraha dan Wakapolres Kompol Irvan Coa, ikut turun mengomandokan anggota dalam mengatur arus lalu lintas yang sempat macet hingga beberapa kilometer. 

Api yang telah menghanguskan petak-petak kios dari kayu tersebut diduga berasal dari pembakaran sampah di belakang salah satu kios. Api merambat ke dinding kedai begitu cepat membesar.

Beberapa warga yang melihat kejadian, berusah membangunkan para pemilik kedai yang masih tidur. Kemudian bersama-sama mencoba membantu menjinakkan api. Namun si jago merah begitu cepat memamah bangunan lainnya. 

Petugas pemadam bersama dua mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) milik Pemkab Padang Pariaman yang sampai di lokasi sekitar 15 menit kemudian, berjibaku memadamkan api yang kian membesar. Api baru berhasil dijinakkan sekitar satu jam kemudian. 

"Tak ada korban jiwa dalam peristiwa menjelang siang itu. Namun kerugian diperkiarakan mencapai Rp400 juta," kata Kapolres, didampingi Humas Polres, AKP Emel Sangra. (man)

 
Top