BATUSANGKAR – Setelah menghentikan layanan sejak selama 3 hari  Kamis (13/8),  Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan ruangan VIP RSUD M. Ali Hanafiah Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Minggu (16/8), kembali dibuka untuk umum.

Direktur RSUD Ali Hanafiah, Afrizal Hasan menjelaskan, keputusan untuk mengoperasikan kembali layanan IGD dan VIP, karena 80 dari 99 pegawai RSUD hasil uji swabnya di laboratorium dinyatakan negatif Covid-19. Artinya, dengan 19 orang yang belum keluar hasil uji labor swab mereka, kondisi dianggap sudah aman.

“Sudah lebih dari 75 persen dinyatakan negatif. Dengan kondisi itu, kita memutuskan untuk memulai layanan kembali. Shift siang yang dimulai pukul 14.00 WIB hari ini sudah kita buka,” ujar Afrizal, Minggu (16/8) siang, sebagaimana dikutip Kasubag Humas Setdakab Tanah Datar Muharwan.

Ditutupnya kedua layanan di rumah sakit itu, sebagai langkah antisipasi penularan Virus Corona, setelah salah seorang pasiennya positif Covid-19. Selain RSUD, layanan kesehatan yang juga menghentikan operasionalnya akibat klaster baru Covid-19 adalah Puskesmas Limo Kaum I, dan kantor PDAM Tanah Datar.

Kendati telah memulai pelayanan, Afrizal menyatakan, pihaknya akan melakukan isolasi terhadap pegawai lainnya, yang kini masih menunggu hasil uji swab bila menunjukkan positif Covid-19. “Kalau ada yang positif, petugas itu akan kita isolasi. Mudah-mudahan hasilnya negatif,” ujarnya. (m2)


 
Top