Faktual dan Berintegritas

Jasman Rizal  

PADANG - Sebanyak 14 orang lagi terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumatera. Angka itu adalah hasil pemeriksaan 687 spesimen pada Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand dan Laboratorium Veteriner Baso, Agam.

"Dari 687 spesimen, terkonfirmasi pertambahan positif terinfeksi Covid-19 sebanyak 14 orang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat, Jasman Rizal, Selasa (4/8).

Dari 14 yang terkonfirmasi positif tersebut, 9 orang di antaranya berasal dari pemeriksaan di Kota Padang. Sedangkan 5 lagi hasil pemeriksaan sample di Baso.

"Namun berdasarkan data yang ada, kami masih tracking dan tracing dan komunikasi dengan beberapa rumah sakit pengirim untuk memastikan dari daerah mana pertambahan positif tersebut. Karena ada yang berasal dari Bengkulu, Lampung dan kiriman sample Padang Sidimpuan," jelas Jasman.

Senentara itu, pasien yang dinyatakan sembuh sementara dilaporkan bertambah 3 orang. "Untuk itu kita mengimbau bagi siapapun yang baru pulang bepergian dari luar Sumbar, terutama dari daerah yang kategori merah seperti Pulau Jawa dan sebagian provinsi lainnya di Indonesia, sebaiknya begitu mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) segera lakukan test PCR/swab secara gratis," pinta Kepala Dinas Kominfo Sumbar ini 

Khusus kepada aparatur negara, pemerintahan, BUMN, BUMD, tanpa kecuali, diwajibkan lakukan PCR Test di BIM jika memasuki Sumbar.

"Disamping itu, kita juga tak bosan-bosannya meminta kepada masyarakat agar disiplin menjalani protokol kesehatan untuk mengatasi perkembangan Covid-19. Pakai masker, hindari kerumunan, sering cuci tangan, pulang ke rumah dari manapun ganti pakaian dan langsung mandi. Hindari beli makanan yang terbuka. Ingatkan pelayan makanan untuk tetap pakai masker dan dilarang keras pelayan makanan bicara di depan makanan, walaupun pakai masker," imbau Jasman lagi. (sp)
 
Top