BUKITTINGGI - Ketua Umum DPP Perkumpulan Keluarga Pesisir Selatan (PKPS) DR. H. Alirman Sori, SH.,M.Hum.,MM mengadakan silaturahmi dan ramah tamah dengan PKPS Kota Bukittinggi dan sekitarnya, Selasa (4/8) malam.

Pertemuan yang dikemas dalam suasana santai itu berlangsung di Pondok Kawa Daun Indomall, Jambu Aia. Ketua Umum DPP PKPS Alirman Sori yang juga Anggota DPD-RI itu didampingi langsung oleh Ketua DPW PKPS Sumbar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM.

Tampak hadir pengurus inti PKPS Kota Bukittinggi yaitu Ketua Oktafianus, Wakil Ketua Alsri Datuak Bandaro Itam, Sekretaris Untung Putra Abadi, ST., Bendahara Efrizal Yance, Penasehat H. Tomi Sandra, SH., Saripudin, Rusli, divisi keagamaan Buya Marilis, divisi Adat, Bundo Kanduang, Divisi Ekonomi dan Divisi Kesehatan.

Ketum PKPS Alirman Sori menyampaikan, dirinya atas nama DPP PKPS menyambut baik terjadinya konsolidasi PKPS Kota Bukittinggi dan sekitarnya dengan telah diterbitkannya SK PKPS Kota Bukittinggi periode 2020-2025 oleh DPW PKPS Sumbar. "Mohon segera agendakan pelantikan DPD PKPS Bukittinggi. Insya Allah saya akan datang menghadiri," kata Alirman Sori.

Pada kesempatan itu Alirman Sori menjelaskan sejarah panjang PKPS yang dulu bernama IKPS. Perubahan nama menjadi PKPS adalah kehendak Permen Kumham No.03/2016 yang mewajibkan seluruh organisasi kemasyarakatan dan paguyuban menggunakan kata "perkumpulan" jika ingin mendapatkan pengesahan dari Kementrian Hukum dan HAM.

Sebagai organisasi yang taat hukum dan diakui oleh pemerintah, maka IKPS menyepakati perubahan nama menjadi PKPS dalam Munas ke-V IKPS yang dihadiri oleh utusan IKPS seluruh Indonesia. "Saat ini organisasi perantau Pesisir Selatan di Indonesia yang diakui oleh pemerintah dan telah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM adalah PKPS. Perubahan nsma menjadi PKPS sudah sesuai aturan hukum. Mari kita manfaatkan organisasi ini sebagai wadah silaturrahmi, berperan sosial dan kekuatan untuk pembangunan. Jangan diseret-seret organisasi paguyuban ini menjadi alat politik yang akan membuat kita terkotak-kotak," kata Doktor Alirman Sori, yang merupakan Anggota DPD-RI dari Dapil Sumbar.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPW PKPS Sumbar,  Drs. Syafrizal Ucok, MM yang meminta agar seluruh PKPS di kabupaten/kota di Sumbar untuk melakukan konsolidasi pengurus. Bagi yang sudah habis masa baktinya untuk musyawarah dan membentuk pengurus yang baru.

Syafrizal Ucok mengingatkan bahwa organisasi paguyuban ini adalah wadah silaturahmi, untuk sosial kemasyarakatan, tempat baiyo batido sebagai warga asal Pesisir Selatan. "Mari kita berperan dalam membantu pembangunan, baik di tempat kita berdomisili mau pun untuk kampung halaman kita," kata Syafrizal Ucok, yang sehari-hari adalah Kadis PMD Provinsi Sumbar. (*)
 
Top