PADANG - Perkembangan kasus virus Covid-19 di Sumatera Barat hari ini cukup mengejutkan. Walau jumlah tambahan positif cuma 4 orang,  namun terjadinya kasus baru di Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Yang lebih mengejutkan adalah di Pasaman terjadi "ledakan' dengan 3 pasien baru. Sementara di lain pihak,  Kota Padang yang selama ini selalu sebagai 'penyumbang' pasien baru  kali ini justru nihil tambahan positif.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat yang dihubungi swapena.com pagi ini mengatakan, kasus di Kabupaten Pasaman terjadi karena adanya  local transmission (transmisi lokal) dan ada pula imported case. Hanya saja ia tidak menjelaskan dari daerah mana terjadinya import case tersebut.

Walau demikian, pihak Gugus Tugas di Kabupaten Pasaman tengah melakukan penelusuran terhadap riwayat aktivitas ketiga pasien dimaksud. "Sekarang lagi tracing dan tracking," jawab Jasman Minggu (21/6).

Sedangkan kasus di Kepulauan Mentawai menurut Kepala Dinas Kominfo Sumbar ini juga merupakan local transmission. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Hari ini terdapat pertambahan 4 kasus positif Covid-19 di Sumatera Barat. Dari jumlah sebanyak itu, 3 kasus di antaranya terjadi di Kabupaten Pasaman dan 1 kasus di Kepulauan Mentawai. Angka itu diperoleh dari pemeriksaan 1.032 sampel swab yang dilakukan Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso. (sp)
 
Top