PADÀNG - Perkumpulan urang Minang yang ada di Sydney, Australia saat ini tengah giat dan fokus dalam pembangunan surau. Dalam waktu dekat, mereka akan membeli property dengan biaya sekitar Rp17 milyar.

Perhatian untuk penyelesaian surau yang dibangun sejak 2015 lalu itu cukup tinggi dari berbagai pihak  baik yang ada di Sydney maupun dari Tanah Air.

Pengurus Surau Sydney Australia (SSA), Nirwan Kamaruddin kepada swapena.com mengatakan, pada Kamis (25/6) telah dilangsungkan halal bi halal dengan Minang Saiyo Sydney dan Minang Diaspora Network  (MDN). Dalam halal bi halal tersebut diputuskan untuk membeli property bagi SSA dimaksud.

"Selama lima tahun terakhir, terkumpul dana dari infak dan shadaqah sebanyak Rp5 milyar. Rencana kita mau membeli property pada Bulan Juli nanti," kata Nirwan.

Ia melanjutkan, untuk mewujudkan rencana tersebut, pihak pengurus juga sudah minta bantuan dari pihak bank sekitar 700 ribu dollar Australia  atau sekitar Rp7 milyar. "Target beli property sekitar Rp17 milyar. Kita akan mengadakan fundrasing (penggalangan dana) besar-besaran  dengan mengharapkan kehadiran Bapak Sandiaga Uno, Gubernur Sumbar, Gubernur Riau dan tokoh-tokoh Minang lainnya," terang Nirwan.

Megiatan halal bi halal Surau Sydney Australia itu kerja sama dengan  Minang Saiyo Sydney, Diaspora Minang sedunia, Aksi Cepat Tanggap (ACT)  dan  PDA travel Pekanbaru. Tampil sebagai penceramah, Ustad Abdul Somad. Dalam kesempatan itu juga, Ustaz Abdul Somad menyumbang sebesar 1.000 dollar AS untuk Surai Sydney Australia tersebut. 

Ikut dalam halal bi halal kali ini antara lain Ir. H. Azwar Anas, Fasli Jalal, Gamawan Fauzi,  Taufik Abdullah, Firdaus Abdullah, Mochtar Naim, Nasrul Abit, Gusti Asnan, Yusuf Rizal, Burmalis Ilyas, Nofri Latif, Muhammad Abdullah, Khalim Putra Yularnis, Deni Endriani, Aanisah Hasan dan lainnya.

Korwil 8 Bidang Luar Negeri organisasi Sulit Air Sepakat (SAS) ini menambahkan Surau Sydney Australia didirikan pada tahun 2015 dengan ketua pertama Armanda Ardanis. Pada 2018 dilakukan penggantian pengurus yang hingga sekarang diketuai oleh Nofri Latief. (sp)

 
Top