PADANG - Sebagian masyarakat Sumatera Barat tak bisa menyaksikan gerhana  matahari cincin (GMC) hari ini. Hal itu dikarenakan hujan turun sejak tengah hari.

"Ya, gimana lagi hujan dari selepas Dzuhur tadi. Padahal saya ingin sekali menyaksikan gerhana matahari itu," kata seorang warga Belimbing, Kota Padang, mengaku bernama Yanto, Minggu (21/6) sore.

"Di sini hujan, langit hitam, ndak bisa melihat gerhana,"  kata warga Bukittinggi mengaku bernama Indra.

Hal yang sama dirasakan warga Kabupaten Solok yang mengaku bernama Lidya. "Sejak beberapa hari ini hujan sore, jadi ndak bisa lihat gerhana matahari," katanya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, sebagian besar wilayah di Indonesia hari ini, Minggu (21/6) mengalami gerhana matahari, termasuk di Sumatera Barat. Ada 31 provinsi mengalami fenomena alam yang dinamakan dengan Gerhana Matahari Cincin (GMC) tersebut.

Khusus di Sumbar Sumatera Barat gerhana dimulai pukul 14.03 WIB dan berakhir pukul 15:37 WIB. Puncak Gerhana terjadi  pukul 14.54 WIB

Dikutip dari Kompas.com  gerhana matahari kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal itu  dikarenakan bertepatan dengan summer solstis, sehingga dinamakan Cincin Api Solstis.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa (Lapan), menyebutkan, Cincin Api Solstis cukup langka. Peristiwa terakhir terjadi pada 21 Juni 1648 silam. (sp)


 
Top