Faktual dan Berintegritas

Pemulangan tenaga kerja PT. MSL.

PAINAN -  Sebanyak 72 orang tenaga kerja asal Medan, Sumatera Utara, yang semula akan dipekerjakan PT Muara Sawit Lestari (MSL) pada kegiatan pembangunan konstruksi pabrik sawit di Lunang, Kabupaten Pesisir Selatan, akhirnya dipulangkan oleh perusahaannya.

"Dari 78 orang tenaga kerja PT. MSL 72 orang di antaranya sudah dikembalikan pihak perusahaan tersebut  Senin (8/6)," kata Camat Lunang Lyonica Ventira, Selasa (9/6) di Lunang.

Dikatakan, informasi kepulangan 72 tenaga kerja PT. MSL itu  didapatnya berdasarkan laporan pihak perusahaan kepada camat yang disampaikan oleh koordinator PT. MSL di Lunang, Ikbal.

Setelah mendapat  informasi kepulangan mereka, jelas Camat  Ventira, pihaknya bersama anggota Forkopimca langsung mengecek kebenaran infomasi tersebut ke lokasi pabrik. Ternyata informasinya benar.

Untuk diketahui, PT. MSL mendatangkan 78 tenaga kerja dari Medan, namun tenaga kerja tersebut  tidak dilengkapi surat hasil tes Covid-19  baik rapid tes maupun tes swab.

Selain itu, di bidang ketenagakerjaan mereka juga tidak memiliki surat penempatan tenaga kerja dari Dinas Tenaga kerja Provinsi Sumatera Utara dan surat penempatan dan penerimaan tenaga kerja.

Atas hal tersebut, kata camat, pihak gugus tugas kecamatan bersama Forkopimca melaksanakan skrining dan tracking terhadap perjalanan tenaga kerja PT. MSL dari Medan hingga sampai  di Kecamatan Lunang.

Dari hasil kegiatan tersebut disimpulkan 5 harus dilakukan uji swab dan 73 dilakukan rapid tes. Namun pihak perusahaan memilih mengembalikan tenaga kerja tersebut ke Medan dan tidak melaksanakan tes Covid-19 

Sementara enam orang masih bertahan segera dilakukan rapid tes di Rumah Sakit M.Zein Painan. (rn)
 
Top