SORE sudah kian menukik. Angka di jam tangan menunjukkan pukul 16:10. Orang-orang ramai bergelak tawa. Sebagian di antaranya asyik berfoto dan berselfie dengan android masing-masing.

Di suatu titik, sekelompok orang menggelar tikar. Ada yang sudah dewasa dan ada pula kategori anak-anak. Agaknya mereka adalah sekeluarga. Di titik lain, sejumlah anak muda memasang tenda untuk kegiatan kemping

Langit sesore itu cukup cerah. Udara terasa sejuk. Namanya saja  di daerah pegunungan dengan lokasi di ketinggian sekitar 1.500 mdpl.

Itulah Danau Talang di Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Danau yang bersanding dengan Danau Kembar, yakni Danau Diatas dan Danau Dibawah itu saat ini menjadi destinasi dan primadona bagi masyarakat Kabupaten Solok.

Ibarat seorang gadis, Danau Talang yang merupakan danau vulkanik,  saat  tengah rajin-rajinnya bersolek. Tak pagi, tak petang senantiasa mempercantik diri luar dan dalam dengan harapan menjadi idola. orang banyak.

Memang, Danau Talang saat ini terus berbenah untuk menjadi destinasi unggulan di Kabupaten Solok. Itu optimis bisa dicapai. Karena danau itu punya kelebihan yang tak dimiliki daerah lain.

Di antara keunggulan Danau Talang adalah udara sejuk pegunungan yang tiada duanya. Posisinya berada di antara destinasi danau yang sudah tersohor, yakni Danau Kembar. Sebelum sampai pada objek, sejumlah pesona alam bisa dinikmati antara lain hamparan kebun teh, ladang sayuran bawang, kol, kentang, cabe dan lainnya tak dimiliki daerah lain. 

Di samping itu, akses jalan untuk menuju danau tersebut sangat mulus dan bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat. Bahkan saat ini berlaku jalan satu arah yang memanjakan pengunjung dengan panorama alam luar biasa.

Di Danau Talang tersebut, pengunjung bisa menikmati pemandangan hingga matahari menyuruk di balik Gunung Talang. Saat sore hari itu pun menampilkan pesona nan rancak pula. Bayangan sinar matahari yang jatuh ke permukaan danau menambah pengunjung tak mau beranjak dari sana. 

Inilah destinasi wisata masa depan yang wajib dikunjungi sejak sekarang. Akan rugi rasanya bila tidak me tempat ini sambil menyaksikan keindahan alam yang paripurna.

Di masa pandemi ini, setelah berbulan-bulan tidak keluar rumah, sebaiknya berkunjung ke Danau Talang. Satu danau yang dituju, tiga sekalian yang bisa dinikmati dalam waktu yang sama.

Di tengah pandemi ini, pemuda setempat memberlakukan protokol kesehatan Covid dengan cek suhu sebelum masuk ke lokasi. Tapi ingat, bagi Anda yang kurang sehat jangan ke sana dulu. 

Yang mau berkunjung ke Danau Talang, jika dari arah Lubuk Selasih, tinggal belok kiri di simpang empat Danau Kembar menuju arah Panorama. Sekitar 100 meter dari simpang empat itu ada lagi simpang ke kiri menuju arah kantor  camat. Lanjut saja jalan itu sekitar 5 km sampai di lokasi.  
(Sawir Pribadi )
 
Top