PAINAN - Kabupaten Pesisir Selatan kembali sukses mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Sumatera Barat yang kelima kali. Artinya,  selama kepemimpinan Bupati Hendrajoni, hasil pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) setempat, selalu mendapat opini WTP.

Opini WTP dari hasil LKPD tersebut disampaikan secara Virtual oleh Kepala BPK RI Perwakilan Sumatera Barat, Yusnadewi, Kamis (25/6). Acara itu dihadiri Bupati Hendrajoni, Ketua DPRD, Ermizen, Sekda, Erizon dan kepala perangkat daerah lainnya.

Dengan demikian, Kabupaten Pesisir Selatan selama kepemimpinan Bupati Hendrajoni sudah lima kali berturut turut memperoleh predikat WTP.

Kepala BPK RI Perwakilan Sumatera Barat, Yusnadewi mengatakan, pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah dilakukan BPK tersebut bertujuan untuk memberi opini tentang kewajaran pengelolaan keuangan daerah.

Berdasarkan hasil pemeriksaan BPK, Kabupaten Pesisir Selatan memperoleh opini WTP. Dengan demikian, Pesisir Selatan berhasil mempertahankan opini WTP lima kali berturut-turut.

Disebutkan, keberhasilan ini menunjukan bahwa Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan memiliki komitmen untuk terus melakukan perbaikan pengelolaan keuangan dengan baik.

Bupati Hendrajoni pada kesempatan itu mengatakan, WTP yang diterima ini merupakan yang kelima kalinya dalam masa kepemimpinannya sebagai bupati. "Alhamdulillah, Kabupaten Pesisir Selatan kembali berhasil mempertahankan opini WTP. Dengan raihan itu, Kabupaten Pesisir Selatan telah lima kali berturut-turut mendapat predikat WTP," ucapnya.

Dikatakan, Keberhasilan ini merupakan kerja keras dari seluruh perangkat daerah dan stakeholder, sehingga daerah ini selalu menjadi langganan opini WTP dari BPK.

"Secara keseluruhan Pesisir Selatan sudah enam kali menerima WTP berturut turut dimulai semenjak 2014," terangnya.

Sementara Ketua DPRD Pesisir Selatan, Ermizen mengaku bangga atas capaian 5 kali berturut-turut predikat WTP yang  berhasil diraih Kabupaten Pesisir Selatan. Namun ia berharap agar jajaran Pemerintahan Daerah tidak terlena,  justru bekerja makin giat dan prestasi ini jadi motivasi.

"Opini WTP Ini jadi 'vitamin' bagi kita semua jajaran eksekutif,  maupun legislatif  bekerja lebih baik,  paham aturan dan yang terpenting menjalankan aturan itu dengan selurus-lurusnya," harapnya. (rls)
 
Top