PADANG - Pemerintah Sumatera Barat melalui Gugus Tugas Covid-19  kembali meng-update perkembangan kasus Covid-19 di provinsi ini. Dalam 24 jam terakhir ada tambahan 3 orang, satu di antaranya meninggal dunia.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal dalam siaran persnya yang diterima swapena.com Jumat pagi ini menyebutkan, 3 pasien positif tersebut berasal dari Kota Padang Panjang 2 orang dan Kota  Padang 1 orang. Selain itu, ada tambahan pasien sembuh sebanyak 10 orang.

"Berdasarkan laporan Tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso dari 1.622 sampel swab yang dikirim survailance berbagai rumah sakit di Sumbar, terkonfirmasi sampel  positif sebanyak 3 orang, masing-masing 2 orang dari Kota Padang Panjang  dan 1 orang dari Kabupaten Solok," kata Jasman Jumat (26/6) sore.

Jasman mengoreksi rilis sebelumnya yang menyebutkan 1 orang positif dari Kota Padang. "Sebagai koreksi setelah tracking ulang, ternyata 1 yang positif itu dari Kabupaten Solok," katanya.

Jasman merinci ke tiga pasien positif Covid-19 yang baru itu adalah:
1. Wanita 44 tahun, warga Silaiang Bawah, Padang Panjang  pekerjaan tenaga kesehatan. Ia diduga  terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi dengan penanganan isolasi mandiri sementara.

2. Wanita 28 tahun, warga Balai-balai, Padang Panjang  pekerjaan tenaga administrasi  klinik. Ia diduga  terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi. Penanganannya isolasi mandiri sementara.

3. Anak-anak perempuan 8 tahun warga Lembah Gumanti, Kabupaten  Solok. Yang bersangkutan diduga terpapar dari riwayat pengobatan rumah sakit. Statusnya meninggal dunia.

Dengan perkembangan itu, maka sampai hari ini sudah 720 orang warga Sumbar terinfeksi Covid-19. Dari jumlah sebanyak  571 orang dinyatakan sembuh, menyusul adanya tambahan 10 hari ini dan 31 orang meninggal dunia.

10 orang yang dinyatakan sembuh itu adalah:
1. Pria 32 tahun, warga Parak Gadang Timur Kota Padang,  pasien RS Bhayangkara.
2. Wanita 55 tahun, warga Kurao Pagang, Padang, pasien Semen Padang Hospital.
3. Wanita 31 tahun, warga Limau Manih, Padang, pasien RS Unand.
4. Wanita 24 tahun, warga Gates, Kota Padang, pasien karantina BPP Padang.
5. Pria 28 tahun, warga Lubuk Buaya, Kota Padang,  pasien karantina Bapelkes.
6. Batita perempuan 2 tahun, warga Kasang Kab. Padang Pariaman, pasien karantina Bapelkes.
7. Pria 21 tahun, warga Pengambiran Kota Padang,  pasien karantina Bapelkes.
8. Pria 56 tahun, warga Pengambiran, pasien karantina Bapelkes.
9. Wanita 46 tahun, warga Ikua Koto, dakota Padang,  pasien RSUD Rasidin Padang.
10. Pria 12 tahun, warga Banuaran, Kota Padang, pasien RSUD Rasidin Padang. (sp)

 
Top