SOLOK - Seekor Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) masuk perangkap yang dipasang masyarakat Nagari Gantuang Ciri, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Sabtu (13/6). Kontan saja peristiwa itu menggemparkan masyarakat setempat, karena diduga itu adakah harimau yang meneror warga dalam sebulan ini. Akibatnya, masyarakat berbondong-bondong ke lokasi kejadian.

Informasi yang diperoleh swapena.com, harimau itu diduga masuk perangkap pada Jumat malam atau Sabtu dini hari. Hanya saja baru diketahui menjelang siang.

Seorang warga Gantuang Ciri, Jendri yang dikutip SuhaNews membenarkan adanya harimau yang masuk perangkap tersebut. Ia menyebutkan harimau itu langsung diamankan. Sebelum dibawa ke Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera di Dharmasraya, hewan dilindungi itu menjadi tontonan warga.

Masyarakat menduga harimau yang masuk perangkap tersebut adalah  yang selama ini meresahkan masyarakat petani di Gantuang Ciri hingga Nagari Jawi-jawi Guguk, Kecamatan Gunung Talang. Sebab, dalam sebulan terakhir masyarakat dua nagari bertetangga itu memang pernah mendapat 'teror' kawanan harimau.

Di Gantuang Ciri enam warga sempat diteror kawanan harimau tersebut sepulang dari ladang pada 14 Mei lalu. Mereka terpaksa dijemput oleh masyarakat bersama aparat kepolisian dan sampai di rumah pada malam hari.

Hal yang  sama juga terjadi di Nagari Jawi-jawi Guguk,  Kecamatan Gunung Talang pada 18 Mei lalu. Tiga petani sempat berpapasan dengan tiga ekor  harimau sepulang dari ladang. Akibatnya, mereka juga harus dijemput beramai-ramai oleh  masyarakat dan aparat nagari serta kepolisian.

Apakah benar yang masuk perangkat tersebut satu dari tiga kawanan harimau yang meneror warga setempat? Belum ada penjelasan dari pihak terkait. (sp)
 
Top