PADANG - Seluruh perantau Nagari Sulit Air, Kabupaten Solok, Sumatera Barat yang tergabung dalam wadah Sulit Air Sepakat (SAS) akan menyelenggarakan halal bi halal (HBH) pada Minggu 21 Juni 2020 mendatang. Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, kegiatan halal bi halal itu diadakan secara virtual.

Bagi warga SAS, ini adalah momen bersejarah. Sebab, halal bi halal yang selama ini diadakan pada satu tempat dan bertemu langsung, kali ini dilaksanakan secara online.

Pandemi Covid-19 sama sekali tidak menghalangi semangat kebersamaan dalam bingkai ukhuwah islamiyah bagi warga SAS di seluruh penjuru dunia. Atas dasar itu pula, mantan Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno, Gubernur Sumbar, Prof. Dr. Irwan Prayitno, Gubernur Riau Drs. H. Samsuar, M.Si dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria sudah menyatakan kesiapan mereka mengikuti halal bi halal virtual dimaksud.

Siaran pers dari DPP SAS, yang diterima swapena.com Senin (15/6), kegiatan itu tak hanya akan diikuti oleh 99 cabang SAS di Tanah Air,  tapi DPC SAS Australia, Melbourne, Sydney dan Malaysia, juga bersiap menyapa seluruh dunsanak mereka yang ada di Indonesia. Sekalipun secara virtual, HBH itu dipastikan cukup mengobati rasa rindu mereka terhadap sanak, famili yang sudah lama tidak bertemu. 

Ketua Umum DPP SAS, , H. Samsuddin Mukhtar menyatakan, dengan menggunakan aplikasi Zoom, diharapkan bisa mengakomodir 1.000 peserta dalam halal ni halal virtual se-dunia itu. Selain itu, acara tersebut juga bisa diakses melalui channel perkumpulan SAS secara live streaming. "Selain itu, Ustaz Das’ad Latif juga menyanggupi untuk memberikan tausiyah syawalan bagi seluruh masyarakat Sulit Air yang ada di seantero dunia," kata dia.

Ketua Panitia Halal Bi Halal Virtual SAS se-Dunia, Nirwan Kamaruddin menyatakan, selain untuk bersilaturahim, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memperlihatkan kekuatan diaspora Minang yang berasal dari satu nagari kecil bernama Sulit Air, mampu berkontribusi untuk kemajuan bangsa dan negara yang kita cintai ini.

"Terkait itu, kepada seluruh warga Sulit Air di mana pun berada, mari kita saksikan HBH Virtual SAS se-Dunia pada tanggal 21 Juni 2020 nanti untuk mencapai Sulit Air Jaya, Indonesia Makmur dan Sentosa," tutup Nirwan. (sp)
 
Top