PADANG - Sempat diperpanjang hingga 28 Juni 2020, Dinas Pendidikan Sumatera Barat akhirnya menunda Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK di provinsi ini. Penundaan itu diumumkan pada halaman link melalui website http://ppdbsumbar2020.id.

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Adib Alfikri mengatakan, penundaan dilakukan agar memaksimalkan perbaikan link laman pendaftaran yang mereka sediakan. Karena sudah beberapa kali perbaikan belum maksimal.

"Benar, kita sudah umumkan untuk menunda lagi pendaftaran, dimulai pada tanggal 29 Juni. Dengan itu maka jadwalnya semua berubah," ujarnya.

Dijelaskannya, untuk mengetahui perubahan tersebut Dinas Pendidikan menyediakan di laman  website http://ppdbsumbar2020.id. Dengan demikian, calon peserta didik dapat mengikuti jadwal tersebut.

"Kita sudah rilis kembali jadwal terbaru. Sudah kita sediakan di laman web, semua jadwal berubah, kecuali jadwal SMK yang sudah berjalan," katanya.

Terkait spesifikasi server yang digunakan menurutnya tidak ada masalah. Malahan dirinya sedang membuat tim supervisi terkait dengan pelaksanaan teknis website PPDB tersebut. Bahkan dirinya mempertimbangkan jika server yang ada sekarang bermasalah, bisa saja dipindahkan ke yang lebih baik.

"Secara speksifikasi tidak masalah, hanya karena masalah awal pembukaan, kita harus memperbaiki sampai sempurna," ujarnya.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Sumbar melakukan PPDB tingkat SMA/SMK melalui daring. Jadwal semula 22 Juni 2020. Kemudian terjadi kerusakan server, jadwal diperpanjang dan dibuka lagi pada 25 Juni 2020. Ternyata masalah tidak juga selesai, maka PPDB ditunda menjadi 29 Juni 2020. (ys)
 
Top