Faktual dan Berintegritas


PADANG - Sebagian besar wilayah di Indonesia hari ini, Minggu (21/6) akan mengalami gerhana matahari, termasuk di Sumatera Barat. Ada 31 provinsi akan mengalami fenomena alam yang dinamakan dengan Gerhana Matahari Cincin (GMC) tersebut.

Gerhana matahari tersebut akan dimulai dari Provinsi Aceh hingga Papua. Khusus di Sumbar Sumatera Barat gerhana dimulai pukul 14.03 WIB dan berakhir sekitar pukul 15:37 WIB. Puncak Gerhana diperkirakan terjadi  pukul 14.54 WIB

Terkait fenomena alam tersebut, umat Islam diimbau untuk melakukan Shalat Gerhana (Kusuf al Syams). Khusus di Masjid Raya Sumbar, sebagaimana surat dari Kanwil Kenenterian Agama Sumbar nomor B-1066/Dt.III.I/HM.00//06/2020 tanggal 19 Juni 2020, Shalat Gerhana akan dilaksanakan sekitar pukul 13:30 WIB.

Dikutip dari Kompas.com  gerhana matahari kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal itu  dikarenakan bertepatan dengan summer solstis, sehingga dinamakan Cincin Api Solstis.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa (Lapan), menyebutkan, Cincin Api Solstis cukup langka. Peristiwa terakhir terjadi pada 21 Juni 1648 silam. (sp)
 
Top