Irwan Prayitno  

PADANG - Ramai isu tentang tidak adanya bantuan langsung tunai (BLT) tahap II bagi masyarakat terdampak Covid-19 sampai juga ke telinga Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno. Ia menegaskan, sampai saat ini tidak ada keputusan membatalkan penyaluran BLT yang telah direncanakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat tersebut.

Hal ini disampaikan Gubernur Irwan Prayitno menjawab pertanyaan awak media di sela kesibukannya memastikan kesiapan Sumbar menyongsong era Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 di kantor gubernur, Selasa (9/6).

“BLT tahap I yakni pada bulan April dan Mei sudah selesai dan telah kita salurkan sesuai data yang kita terima sebanyak Rp1,2 juta per kepala keluarga. Adapun tahap II bulan Juni sebesar Rp600 ribu/KK uangnya telah tersedia, direncanakan segera disalurkan,” ujar Gubernur Irwan.

Untuk BLT selanjutnya mulai bulan Juli sampai Desember 2020,  Pemprov Sumbar masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat. Pemprov Sumbar belum membahasnya apalagi memutuskan.

“Sampai sekarang belum ada dibicarakan soal BLT lanjutan setelah Juni ini. Kami pun belum membahas, apalagi memutuskan,” ungkap Irwan.

Disinggung terkait penerapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 (TNBPAC), gubernur mengakui pihaknya saat ini fokus pada langkah-langkah dalam menstimulus perekonomian Sumbar di era TNBPAC. “Sebagai contoh karena Sumbar UMKM-nya banyak terkait dengan wisata, kami akan coba memfasilitasi, di antaranya melalui bantuan test PCR secara gratis kepada seluruh stake holder kepariwisataan,” ucap Gubernur.

Di samping itu Pemprov Sumbar juga sedang menyiapkan regulasi menyangkut relaksasi  pajak yang berada pada kewenangan Pemprov Sumbar.

Gubernur Irwan kembali menegaskan pentingnya memenuhi persyaratan WHO terkait penerapan TNBPAC agar berjalan sukses.  “Ini yang harus kita pastikan, muaranya masyarakat Sumbar produktif dan aman Covid-19,” ujar Irwan menegaskan.

Terakhir Gubernur berpesan kepada semua pihak, agar saling mendukung dan bersinergi memerangi penyebaran Covid-19. Jangan habiskan energi untuk hal-hal yang kontraproduktif.

"Kita berharap pandemi ini segera berakhir. Untuk itu mari kita satukan  langkah untuk bahu membahu memerangi covid-19. Mari kita fokuskan semua daya upaya dan energi kita untuk lawan wabah ini. Semoga Allah SWT merahmati kita semua,” tutup Irwan optimis. (rls/kmf)
 
Top