PADANG - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat kembali menyampaikan update perkembangan kasus virus corona. Hingga pagi ini, terkonfirmasi 1 orang positif Covid-19 dan 15 orang sembuh.

Ini adalah kabar gembira. Dari 1.712 sampel swab yang diterima petugas laboratorium hanya 1 orang yang positif. Yang satu orang itu berasal dari Kabupaten Sijunjung.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat, Jasman Rizal dalam rilisnya, Selasa (30/6) mengatakan dari  1.712 sampel swab itu, 
1.667 sampel di antaranya diperiksa di Laboratorium Unand dan 45  sampel lagi di Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso.

"Sementara sampai pukul 05.00 WIB terkonfirmasi sampel yang positif satu orang, yang berasal dari Kabupaten Sinjunjung. Sembuh sementara juga bertambah 15 orang," jelas dia.

Dengan perkembangan tersebut, maka hingga pagi ini total warga Sumbar positif terinfeksi Covid-19 mennadi 726 orang. Dari jumlah sebanyak itu,  603 orang (83,06%) di antaranya dinyatakan sembuh. Kemudian yang dirawat di rumah sakit, karantina dan Isolasi mandiri berjumlah 92 orang (12,67% "Meninggal dunia 31 orang (4,27%) " sebut Jasman.

Kepala Dinas Kominfo Sumbar ini  optimis, penyebaran Covid-19 dapat dtekan sampai ke angka yang terendah, asal semua masyarakat konsisten dan berkomitmen untuk menjalankan protokol kesehatan memerangi Covid-19.

"Tetaplah jaga jarak, pakai masker, sering cuci tangan, berbelanja kuliner perhatikan penjualnya apakah mematuhi protokol kesehatan atau tidak, terutama makanan yang terbuka dan lain-lain," kata Jasman memberi saran. (sp)

 
Top