PADANG - Meski telah landai, kasus Covid-19 masih terjadi Di Sumatera Barat. Hari ini, Minggu (28/6) terdeteksi 3 kasus positif baru, masing-masing dari Kota Bukittinggi, Sijunjung dan Kabupaten Agam.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat, Jasman Rizal mengatakan, dengan adanya penambahan 3 orang tersebut, maka jumlah kasus positif Covid-19 di Sumbar keseluruhannya 725 orang. Dari jumlah sebanyak itu, 31 orang meninggal dunia,  54 orang masih dirawat dan 53 orang menjalani isolasi pada berbagai fasilitas.

Berikut 3 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut;
1. Pria, 21 tahun, status pelajar, warga Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung. Yang bersangkutan diduga terpapar karena perjalanan baru pulang dari Jawa Timur. Penanganan dilakukan dengan isolasi mandiri sementara.

2. Wanita, 27 tahun, warga Manggopoh, Kabupaten Agam. Yang bersangkutan diduga tertular karena perjalanan dari Medan dengan penanganan isolasi mandiri sementara.

3. Wanita, 38 tahun warga Birugo, Bukittinggi. Ia diduga terinfeksi dari pekerjaan. Penanganan juga isolasi mandiri sementara.

Lebih jauh Jasman mengatakan, dari data terbaru ini, terdapat 2  orang terpapar secara imported case (Kasus impor).  Kemaren juga terdeteksi satu orang imported case dari Jambi. "Ini harus kita waspadai bersama agar tidak terjadi cluster baru di Sumbar akibat adanya orang luar  yang membawa Covid-19 ke Sumbar," terang Kepala Dinas Kominfo Sumbar ini.

Untuk itu ia mengimbau, agar yang baru masuk sumbar dapat mengisolasi diri secara mandiri dengan ketat. "Insya Allah transmisi lokal telah dapat dikendalikan dengan baik dan semoga dari hari ke hari kasus positif semakin berkurang," harap dia.

Selain adanya tambahan pasien yang positif 3 orang di Sumatera Barat, hari ini juga ada tambahan pasien sembuh sebanyak 6 orang. Dengan tambahan sebanyak itu  maka jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 sudah mencapai 587 orang.

Ke 6 orang itu adalah:
1. Wanita 90 tahun  warga Koto Lua Kota Padang, pasien Semen Padang Hospital.
2. Wanita 60 tahun, warga Ampang Karang Gantiang, Padang, pasien Semen Padang Hospital.
3. Pria 64 tahun, warga Parak Gadang Timur, pasien Dinkes Kota Padang.
4. Pria 56 tahun warga Belimbing, Kota Padang, pasien RSUP Dr. M. Djamil.
5. Wanita 62 tahun, warga Kuranji, Padang,  pasien RSUP Dr. M. Djamil.
6. Wanita 51 tahun, warga Kuranji, Padang,  pasien RSUP Dr. M. Djamil. (sp)

 
Top