AROSUKA - Nagari Jawi-Jawi Guguk, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, dipilih menjadi Kampung Tageh. Nagari itu sebagai pilot project atau percontohan  desa/kelurahan tangguh dalam menghadapi pandemi Covid-19 menuju tatanan kehidupan baru (new normal).

Kamis (18/6), Bupati Solok, H. Gusmal, Kapolres Solok, AKBP Azhar Nugroho dan sejumlah pejabat lainnya  baik dari Pemkab maupun dari Polres melakukan pengecekan kesiapan Kampung Tageh Covid-19 tersebut. Selain Bupati Solok dan Kapolres juga ikut dalam kunjungan itu, Wakapolres Solok Kompol Harianto, Asisten I Setdakab Solok, Edisar, SH, M.Hum, Kabag Humas Pemkab Solok, Syofiar Syam dan lainnya. Kedatangan rombongan tersebut disambut Walinagari Laswir  Malin Putiah  peserta perangkat nagari setempat, KAN,  BMN, tokoh masyarakat dan lainnya.

Rombongan besar itu melakukan pengecekan pos jaga Covid-19, melihat pengolahan pangan dan melihat ternak itik petelur yang semuanya berada di Jorong Balai Oli. “Tujuan pengecekan ini adalah karena Jorong Balai Oli, Nagari Jawi-Jawi Guguk, terpilih sebagai perwakilan Polres Solok menjadi pilot project Desa Tangguh dalam menghadapi pandemi Covid-19 menuju tatanan kehidupan baru atau new normal,” kata Kapolres AKBP Azhar Nugroho.

Disebutkan Kapolres, tujuan pembentukan Kampung tangguh tanggap Covid-19  adalah agar bisa menekan penyebaran virus corona. Kampung Tangguh di Kabupaten Solok diharapkan bisa menjadi role model bagi yang lain. “Kampung Tangguh tanggap Covid-19 dibangun atas semangat gotong royong dan mengedepankan partisipasi masyarakat,” jelas Kapolres.

Bjpati Gusmal dalam kesempatan itu mengatakan Kampung Tangguh bukan hanya untuk menghadapi Covid-19 tapi juga untuk menghadapi semua persoalan sosial lainnya, seperti masalah keamanan, kesejahteraan atau masalah ketenagakerjaan dan yang lainnya," kata Kapolres. “Masyarakat diharapkan juga saling membantu kepada mereka yang terdampak Covid-19. Baik yang terdampak langsung, maupun secara ekonomi dengan memantapkan lumbung nagari,” harap Gusmal.

Walinagari Jawi-Jawi Guguk, Laswir Malin Putieh mengucapkan terima kasih kepada Bupati Solok dan Kapolres beserta jajaran, yang telah menunjuk dan mempercayai  nagari yang dipimpinnya sebagai percontohan menuju kehidupan baru. (jn)

 
Top