PADANG - Virus corona atau Covid-19 memangsa siapa saja. Ia tak peduli status sosial, pangkat atau jabatan, tua atau pun muda dan seterusnya.

Walau para ahli berpendapat orsng di atas 50 tahun rentan terserang virus Covid-19, bukan berarti anak muda  atau bocah hingga bayi tidak bisa tertular. Semua punya potensi tertular jika ada kontak dengan orang yang positif lainnya.

Di Padang, Sumatera Barat, berdasarkan data Jumat (24/4) kemarin, ada 96 orang yang dinyatakan positif tertular virus Covid-19. Dari jumlah sebanyak itu terdapat satu orang pasien yang berumur 8 tahun. Inilah agaknya pasien termuda yang terpapar corona Covid-19.

Berdasarkan penjelasan Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat, Jasman Rizal, anak laki-laki berumur 8 tahun yang positif Covid-19 itu adalah warga Pengambiran, Kota Padang. Yang bersangkutan diduga  terinfeksi dari warga yang sebelumnya juga telah positif di kawasan itu. "Sekarang menjalani isolasi mandiri di rumah," katanya.

Oleh karena itu, semua pihak harus benar-benar mengikuti arahan pemerintah dengan tetap di rumah, menjaga jarak aman, memakai masker, sering cuci tangan dengan sabun di air mengalir, tidak berbondong atau berkumpul dan lain sebagainya. Jika masih banyak masyarakat yang bandel dengan arahan pemerintah tersebut, maka diperkirakan jumlah pasien poditif Covid-19 akan terus meningkat. Bahkan bisa jadi hari ini akan melampaui angka 100 orang.

Sayangi diri sendiri, keluarga, dunsanak, tetangga dan masyarakat dengan cara mematuhi arahan pemerintah. (sp)
 
Top