Faktual dan Berintegritas


PADANG - Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar kembali merilis perkembangan kasus Covid-19. Hari ini, terjadi pertambahan 3 orang positif dan satu orang sembuh.

"Sampai hari ini, jumlah masyarakat Sumbar positif terinfeksi Covid-19 adalah 148 orang, terjadi penambahan 3 orang dan sembuh 1 orang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Barat, Jasman Rizal, Kamis (30/4).

Dikatakan, penambahan 3 orang yang  positif terinfeksi tersebut dilaporkan oleh Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc yang memimpin pemeriksaan sampel swab di laboratorium Fakultas Kedokteran Unand. Dari jumlah sebanyak itu  dua orang  diantaranya berasal dari kota Padang dan satu orang lagi dari Tanah Datar.

Ketiga orang itu adalah eanita berumur 31 tahun, alamat Parak Buruk Batipuh Panjang, Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Belum diketahui dari mana ia  terinfeksi, karena riwayat kontak dan riwayat perjalanannya masih diinvestigasi. Sekarang di rawat di RSUP M. Djamil Padang.

Kemudian wanita umur  50 tahun dari Flamboyan Baru Kota Padang. Ia diduga terinfeksi karena pernah kontak dengan warga yang telah positif sebelumnya. Juga dirawat di RSUP M. Djamil Padang.

Sedangkan yang dari Kabupaten Tanah Datar adalah seorang paramedis pria berusia 27 tahun asal Panyalaian. Yang bersangkutan merupakan suami dari warga sebelumnya yang juga telah positif terinfeksi Covid-19. Sekarang isolasi mandiri di rumahnya.

Sementara itu, dari RSUP M. Djamil juga dilaporkan terdapat satu orang pasien sembuh. Ia adalah wanita warga Padang Timur,  umur 80 tahun.

"Dengan demikian total yang telah dinyatakan positif terinfeksi covid-19 di Provinsi Sumatera Barat sampai hari ini Kamis 30 April 2020 adalah 148 orang, dengan rincian 40 orang masih dirawat, 33 orang isolasi mandiri di rumah, 26 orang di berbagai pusat karantina, meninggal dunia 15 orang dan sembuh 25 orang,"  kata Jasman merinci. (sp)
 
Top