PAINAN - Sempat tak ada perubahan sehari kemarin, hari ini angka pasien positif Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan bertambah dua orang.  Dengan demikian jumlah warga Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat yang terkonfirmasi positif adalah 16 orang.

Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Pessel Selaku Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Rinaldi Minggu (26/4) mengatakan, penambahan itu berdasarkan hasil pemeriksaan sampel swab dari Labor Biomedik Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Unand,  25 April 2020. "Terjadi penambahan dua orang, sehingga menjadi 16," katanya.

Pasien positif baru tersebut terdiri dari satu orang laki laki umur 26 tahun pekerjaan mahasiswa. Yang bersangkutan  kontak dengan adiknya yang juga  kasus positif ke- 6. Satunya lagi perempuan umur 6 tahun. "Ia merupakan anak dari pasien kasus positif ketujuh," jelas Rinaldi.

Adanya anak umur 6 tahun positif Covid-19 di Pessel, sekaligus memecahkan rekor pasien termuda di Sumatera Barat. Sebelumnya pasien positif Covid-19 termuda adalah umur 8 tahun di Padang.

Rinaldi merinci, 16 pasien positif di Pessel tersebut terdiri dari yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 3 oang dan yang dirawat/dikarantina sebanyak  13 oang. Dari 13 orang itu masing-masing 1 orang dirawat  di RS Achmad  Muchtar Bukittinggi, 2 orang di SPM Padang Besi dan 8 orang dikarantina di Bapelkes Provinsi Sumatera Barat. "Sedangkan dua kasus positif yang baru masih di Rusunawa Painan Selatan," katanya.

Sementara itu, pasien dalam pengawasan  (PDP) berjumlah 12  orang. Dari jumlah sebanyak itu, 6  orang dirawat RS M. Zein Painan, 1  orang di RS Unand Padang, 1 orang di RSUP  M. Djamil Padang, 1 orang di RS Rasidin Padang dan 3  orang menjalani  isolasi mandiri di rumah. (sp)
 
Top