Faktual dan Berintegritas


PADANG - Kasus positif Covid-19 di Sumatera Barat terus mengalami peningkatan. Hari ini, Selasa (28/4) terjadi penambahan sebanyak 23 orang. Inilah Penambahan terbanyak sepanjang kasus ini ada di Sumbar.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal dalam siaran persnya yang diterima swapena.com tadi sore  mengatakan, dengan adanya tambahan 23, maka saat ini jumlah warga Sumbar yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 sebanyak 144 orang. "Selain tambahan yang positif juga ada yang dinyatakan sembuh satu orang," kata dia.

Dijelaskan, berdasarkan laporan Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc yang memimpin pemeriksaan sampel swab di laboratorium Fakultas Kedokteran Unand, hari ini dari  23 orang yang positif terinfeksi Covid-19  di Sumbar itu, terbanyak  dari Kota Padang yaitu 18 orang. "Semuanya isolasi mandiri di rumahnya masing-masing di bawah pengawasan ketat tim kesehatan," ujar Jasman.

Tambahan 18 orang di Kota Padang ini umumnya bersifat local transmission atau penularan secara lokal. Hal itu berdasarkan pengembangan dan tracing dari orang yang terinfeksi sebelumnya dan masih berputar dalam cluster yang sama. "Mereka berasal dari berbagai wilayah di Kota Padang, antara lain dari Parak Karakah, Subarang Padang, Kuranji, Aua Duri, Nanggalo, Korong Gadang, komplek Cendana, kawasan Padang Timur, Gurun Laweh, Gunuang Pangilun, Balimbiang dan Tanah Sirah," sebut Jasman merinci.

Ia melanjutkan, Kabupaten Solok mengalami peningkatan sebanyak tiga orang yang semuanya berasal dari Surian, Kecamatan Pantai Cermin. Mereka terinfeksi dengan warga sebelumnya yang juga telah positif. "Semuanya sekarang isolasi mandiri di rumahnya masing-masing," sebut dia.

Kasus Positif selanjutnya berasal dari Sintuak, Kabupaten Padang Pariaman dan dari Kecamatan Payokumbuah Selatan Kota Payokumbuah juga terkonfirmasi telah  bertambah masing-masing satu orang lagi dan juga isolasi mandiri dirumahnya masing-masing.

"Alhamdulillah, dari RSUP M Djamil Padang, juga dilaporkan ada pasien covid-19 yang telah dinyatakan sembuh, warga Koto Tangah, wanita 59 tahun dan pekerjaan sebagai Ibu Rumah Tangga. Sehingga total yang telah sembuh dari covid-19 sampai hari ini adalah sebanyak 24 orang, lanjut Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar ini.

Dengan demikian total yang telah dinyatakan positif terinfeksi covid-19 di Provinsi Sumatera Barat sampai hari Selasa 28 April 2020 ini adalah 144 orang. "Rinciannya 40 orang masih dirawat, isolasi mandiri di rumah 49 orang, 19 orang di berbagai pusat karantina, meninggal dunia 14 orang dan sembuh 24 orang," tutup Jasman. (sp)
 
Top