Faktual dan Berintegritas

Bambang Dwiyanto. 

PADANG - Galodo atau  banjir bandang yang teejadi di  Jorong Guguak Malalo, Kecamatan Batipuah Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat pada Minggu (5/4) lalu juga mengakibatkan terputusnya aliran listrik ke kawasan itu. Namun itu  berhasil diatasi dengan cepat oleh pihak PLN.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat, Bambang Dwiyanto menyampaikan, pasca kejadian PLN bertindak cepat membantu aparat membuka akses jalan dan melakukan perbaikan jaringan listrik yang rusak diterjang galodo tersebut.

“Banjir bandang dan longsor memutus pasokan listrik untuk 20 gardu atau sekitar 2.500 pelanggan. Begitu banjir sudah berhenti dan dinyatakan aman, kami bersama masyarakat langsung mencoba buka akses. Personil PLN langsung cek kondisi listrik di lapangan dan segera memperbaikinya,” tutur Bambang

Hingga Senin (6/4) malam, PLN telah berhasil menyalakan kembali seluruh gardu terdampak banjir bandang yang sebelumnya padam.

“Jaringan tegangan menengah sudah normal, begitu juga dengan gardu. Semalam kita selesaikan jaringan tegangan rendah sekitar 30 pelanggan yang baru bisa kita akses karena sebelumnya masih tertutup lumpur. Alhamdulillah, sekarang listrik semua rumah sudah menyala, kecuali 6 rumah yang kondisinya tidak memungkinkan. Untuk keenam rumah tersebut, kami menunggu perbaikan terlebih dahulu," papar Bambang.

Selain itu, PLN memastikan kondisi Pembangkit Listrik Tenaga Air Singkarak yang lokasinya berdekatan dengan lokasi banjir bandang dan longsor dalam kondisi aman. 

“Alhamdulillah, PLTA Singkarak tidak mengalami gangguan dan dapat beroperasi secara normal. Jadi secara umum kondisi pasokan listrik aman,” tambah Bambang.

Pasca kejadian PLN juga menyalurkan bantuan berupa bahan pangan bagi para korban secara bertahap senilai Rp20 juta.

“Tentunya kami prihatin, semoga apa yang kami berikan dapat membantu para korban,” tutup Bambang. (rl)
 
Top