PADANG - Kasus positif Covid-19 di Sumatera Barat terus bertambah, bahkan hari ini melompati angka100. Hal itu lantaran terjadi penambahan 5 orang yang positif dalam 24 jam terakhir.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat  Jasman Rizal mengatakan dengan adanya penambahan 5 orang itu, maka hingga Minggu (26/4) tercatat 102 warga Sumbar Positif terpapar Covid-19. "Hari ini  26 April 2020, terjadi penambahan lima orang warga Sumbar positif terinfeksi Covid-19. Total warga Sumbar yang telah terinfeksi Covid-19 sampai hari ini adalah 102 orang," kata dia menjelaskan.

Lebih jauh dikatakan Jasman, dari 5 tambahan pasien positif tersebut masing-masing 3 orang dari Kota Padang dan 2 orang dari Kabupaten  Pesisir Selatan.

Hari ini Kota Padang terjadi penambahan 3 (tiga) orang dan Pesisir Selatan juga terjadi penambahan 2 (dua) orang warganya  positif terinfeksi covid-19. Tak hanya orang dewasa, Anak usia 6 tahun pun ikut terinfeksi Covid-19. "Ini terjadi di Pesisir Selatan," lanjut Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar ini.

Ia merinci ke 5 pasien baru itu  yakni pertama, wanita umur 54 tahun, alamat Jati Kota Padang. Yang bersangkutan terpapar Covid-19  dari anaknya yang baru pulang dari Yogyakarta . Anaknya tidak menunjukkan gejala atau disebut sebagai carrier atau orang tanpa gejala (OTG). Sekarang dirawat di RS Universitas Andalas Padang.

Yang kedua, wanita umur 43 tahun, alamat di Alai Parak Kopi, tertular karena sering ke lokasi yang potensial berkembangnya penularan Covid-19 . Sekarang di rawat di RSUD Rasidin Kota Padang.

Yang ke tiga, pria 69 tahun, alamat di Lubuak Bagaluang Kota Padang. Yang bersangkutan terinfeksi karena kontak dengan beberapa orang yang telah dinyatakan positif sebelumnya. Sekarang isolasi mandiri di rumah.

Pasien ke empat, pria umur 26 tahun, alamat di Tarusan Pesisir Selatan, mahasiswa. Terinfeksi karena kontak dengan salah satu pasien positif sebelumnya. Sekarang isolasi di Rusunawa Painan

Yang ke lima adalah anak perempuan berumur 6 tahun, alamat Tarusan, Pesisir Selatan. Ia diduga terinfeksi karena kontak dengan pasien positif sebelumnya. Sekarang menjalani  isolasi di Rusunawa Painan.

Jasman menambahkan, kecenderungan saat ini di Sumatera Barat, penyebab terinfeksinya bukan lagi hanya secara imported case atau kasus menimpa seseorang yang baru kembali dari luar negeri, tanpa terkait dengan kluster manapun, namun juga telah menular secara local transmission atau penularan yang terjadi secara lokal atau di lokasi tempat pasein positif Covid-19  berada saat ini karena kontak dan berinteraksi dengan orang yang terinfeksi sebelumnya.

Penyebabnya antara lain karena tidak menjaga physical distancing, tidak memakai masker, jarang cuci tangan dan masih belum disiplin untuk selalu berada di rumah saja serta banyaknya melanggar protokol kesehatan lainnya yang dianjurkan pemerintah.

"Rata-rata semua warga yang baru dinyatakan positif beberapa hari ini, hampir semuanya karena  local transmission. Dari lima orang yang dinyatakan positif terinfeksi hari ini, semuanya terinfeksi karena kontak dengan orang yang sebelumnya juga telah juga positif atau local transmission," tutup Jasman. (sp)
 
Top