PADANG - Memasuki hari kedua penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kota Padang, Sumatera Barat, belum berjalan sebagaimana diharapkan. Masyarakat masih belum mematuhi arahan pemerintah, di antaranya masih  banyak di jalan dan di antaranya tidak mengenakan masker.

Tidak hanya pembeli, pedagang pun masih ada yang tidak memakai masker. Hal ini sangat berpotensi terhadap penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang tengah mewabah di daerah ini.

Pantauan swapena.com pagi ini di jalan utama dan pasar Belimbing, Kecamatan Kuranji, masih banyak warga yang hilir mudik di jalan utama. Pasar satelit itu juga masih ramai.

Ketika ditanya kepada sejumlah warga mereka beralasan membeli kebutuhan dapur. Yang tak kalah penting bagi mereka, keluar rumah atau ke pasar untuk membeli segala sesuatu guna menyambut Ramadhan.

Karena alasan itu juga pedagang daging, bumbu dan santan ramai oleh pembeli. "Belanja kebutuhan harian kan tak dilarang," begitu komentar sejumlah kaum ibu.

Memang sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Minangkabau menyambut bulan suci Ramadhan dengan menu sedikit beda dari hari-hari biasa. Masyarakat merasa perlu membikin randang, kalio daging ataupun dendeng walau hanya untuk sahur pertama. (sp)
 
Top