Jasman Rizal.

PADANG - Jumlah penderita positif Covid-19 di Sumatera Barat melonjak tajam. Pada hari ini, Minggu (12/4) pukul  13.00 WIB terjadi penambahan 12 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal dalam siaran persnya yang diterima swapena.com menyebutkan, dari 12 penambahan itu, terbanyak dari Kota Padang, yakni 10 orang. Sedangkan dua orang lagi masing-masing dari Mentawai 1 orang dan Pasaman 1 orang.

"Dari Kota Padang ada satu keluarga yang positif  5 orang, tetapi masih dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG), sehingga mereka hanya isolasi mandiri di rumah yang diawasi secara ketat oleh tim kesehatan. Keluarga ini terpapar karena kontak dengan anggota keluarganya yang sebelumnya telah dinyatakan positif. Salah seorang dari mereka juga berusaha dan berjualan di pasar Raya Padang dan sekarang tim kesehatan telah mentracking sejarah kontak mereka di pasar raya tersebut. Sementara 5  orang lagi adalah pasien PDP yang telah dirawat di M. Djamil," terang Jasman.

Senebtara itu, pasien positif lain 1 orang dari Mentawai adalah mahasiswi di Jakarta. Yang bersangkutan dirawat di RSUD Kepulauan Mentawai dan diawasi ketat oleh tim kesehatan.

Satu orang lagi dari Pasaman, laki-laki berusia 35 tahun, merupakan menantu dari pasien pertama dari Pasaman. Sekarang isolasi mandiri. Namun karena adanya kekhawatiran warga sekitar terpapar Covid-19,  maka Pemkab Pasaman berupaya mencari tempat karantina terdekat dari Pasaman.

"Tadi kami telah menawarkan kepada Pemkab Pasaman melalui Sekda-nya berbagai lokasi karantina provinsi dan kalau memang diperlukan agar segera berkoordinasi dengan pihak terkait di Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Prov Sumbar," lanjut Jasman.

Dengan penambahan 12 orang hari ini, maka secara keseluruhan, yang telah dinyatakan positif Covid-19 adalah 44 orang. Rinciannya dirawat 15 orang,  isolasi diri di rumah 19 orang, sembuh 7 orang dan meninggal dunia sebanyak  3 orang.

"Di lain pihak, hari  ini kita juga patut bersyukur kepada Allah SWT,  bahwa telah ada tambahan pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh oleh tim kesehatan RS M. Djamil, yaitu pasien dari Pesisir Selatan. Artinya, telah dua orang pasien dari Pessel dinyatakan sembuh. Total yang telah sembuh menjadi 7  orang,"  kata Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar ini.

Dari laporan berbagai rumah sakit rujukan yang merawat pasien positif covid-19, secara umum  juga dinyatakan berangsur pulih dan membaik. "Untuk itu mari sama-sama berdoa, semoga saudara kita yang lagi dirawat tersebut disembuhkan oleh Allah SWT. Tetap di rumah saja, jaga jarak dan pakai masker jika terpaksa keluar rumah," tutup Jasman. (sp)
 
Top