Rinaldi. 

PAINAN - Jumlah warga Kabupaten  Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat yang positif Covid-19 mengalami kenaikan dibanding sehari sebelumnya. Sebaliknya angka orang dalam pemantauan (ODP) terus berkurang.

Data yang dikeluarkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pesisir Selatan, Jumat (17/4) siang ini terlihat angka warga positif sebanyak 6 orang. Sedangkan data Kamis (16/4) sebanyak 4 orang.

"Terjadi penambahan  pasien positif  sebanyak dua orang. Keduanya perempuan.  Dari dua orang penambahan tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan sampel swab di Labor Unand," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pesisir Selatan, Rinaldi.

Dikatakan, kasus positif ke-5 dan  ke-6 diduga disebabkan karena telah terjadi transmisi lokal di Puskesmas Tarusan. "Berasal dari kasus positif sebelumnya," ujar dia.

 Begitu juga dengan pasien dalam pengawasan (PDP) juga mengalami kenaikan dari 3 orang  menjadi4 orang. Yang empat orang tersebut dirawat pada dua rumah sakit, yakni RSUP  M. Djamil Padang dan RSUD M. Zein Painan. "Empat  orang PDP tersebut, satu orang dirawat M.Djamil Padang dan tiga orang lagi M.Zein Painan," terang Rinaldi.

Sementara itu, orang dalam pemantauan (ODP) mengalami penurunan signifikan. Jika pada Kamis kemarin sebanyak 73 orang, hari ini tinggal 65 orang.

Menurut Rinaldi, sehubungan dengan adanya kasus nomor  5 dan kasus ke-6 tersebut, saat ini gugus tugas dan seluruh pihak terkait telah mengambil langkah-langkah penting, di antaranya melakukan tracking ke belakang siapa saja yang pernah kontak  dengan pasien kasus nomor lima dan enam, terhitung 14 hari sebelumnya. "Mereka yang pernah kontak dengan kasus nomor lima dan  enam segera akan diisolasi," jelas dia.

Ditambahkan  saat ini orang tanpa gejala (OTG) dan ODP yang menjalani karantina di Rusunawa Painan berjumlah 63 orang. (sp)
 
Top