PADANG - Perkembangan kasus corona Covid-19 di Sumatera Barat masih berfluktuasi. Jika kemarin hanya terjadi pertambahan 7 orang, hari ini justru bertambah 9 orang.

Angka 9 orang ini adalah koreksian dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat sebagaimana disampaikan Juru Bicaranya, Jasman Rizal sore tadi.

Lebih jauh Jasman menjelaskan, berdasarkan data terbaru yang dihimpun hingga Rabu (3/6) pukul 15.00 WIB, total ada 583 kasus positif Covid-19 di Sumatera Barat, dengan penambahan 9 pasien dalam 24 jam terakhir. "Dari hasil pemeriksaan 593 sampel swab oleh Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Bukittinggi terkonfirmasi kasus positif sebanyak 9 orang sehingga menjadi 583 orang," kata Jasman.

Jasman menjelaskan, rilis sore ini sekaligus koreksi atas pemberitaan pagi tadi. “Setelah dikroscek, ternyata hanya 9 orang yang terkonfirmasi positif, yang 2 masih inkonklusif, dalam arti belum dapat ditentukan,” kata dia. 

Sebaran kasus positif masih didominasi pasien Kota Padang sebanyak 6 orang yakni dari kluster pasar raya, 2 orang dari Dharmasraya dan seorang lagi dari Kota Payakumbuh. “Seorang dari Dharmasraya merupakan santri yang mempunyai riwayat perjalanan dari Jawa TImur,” sebut Jasman.

Sebelumnya, pagi Jasman Rizal mengatakan, ada tambahan 11 orang positif Covid-19 dari 593 spesimen yang diperiksa Laboratorium Diagnostik  Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Bukittinggi hingga pukul 08.00 WIB  Rabu (3/6). Ke 11 orang tersebut berasal dari 3 daerah, masing-masing 8 orang dari Kota Padang, 2 orang dari Kabupaten Dharmasraya dan 1 orang dari Kabupaten Limapuluh Kota. Dengan pertambahan sebanyak itu, maka jumlah yang terkonfirmasi positif sebanyak  585 orang.  (sp)

 
Top