PADANG - Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengatakan, setelah Kota Bukittinggi, 15 kabupaten dan kota lainnya di Sumbar siap untuk menjalani Tatanan Baru Produktifitas Aman Covid-19 atau New Normal. Sedangkan 3 kabupaten /kota lagi melanjutkan Pembatasan Sosial Berkala Besar (PSBB).

"Hasil rapat hari ini ada 15 kabupaten/kota yang siap menerapkan New Normal dan  ada 3  daerah yang masih ingin memperpanjang PSBB. Ketiganya adalah Kabupaten Mentawai, Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman, masih menunggu keputusannya pada tanggal 7 Juni, untuk melihat data dari perkembangan positif Covid-19 di daerahnya," kata Gubernur Irwan usai rakor virtual dengan bupati dan walikota se-sumbar, Rabu (3/6).

Lebih jauh Gubernur menjelaskan, sebelum berakhirnya PSBB tahap III pada  7 Juni 2020, Pemprov Sumbar merencanakan kembali untuk persiapan memulai tatanan baru produktifitas aman Covid yang dikenal sebutan New Normal terhadap 19 kabupaten dan kota. "Saat ini Kota Bukittinggi sudah menjalankan tatanan baru produktifitas aman Covid sejak 1Juni 2020. Tinggal 18 kabupaten/kota yang mengikuti PSBB tahap III. Rapat hari ini ingin melihat kesiapan daerah  memasuki new normal atau masih melanjutkan PSBB," kata dia.

Untuk 15 kabupaten/kota yang setuju memasuki tatanan kehidupan baru yang produktif aman Covid  diharapkan oleh gubernur agar mempersiapkan segala sesuatu secara matang. Salah satu di antaranya perlu menyiapkan sarana dan prasarana sekolah sesuai dengan standar protokol kesehatan Covid dan menyiapkan media sosial dan edukasi pencegahan untuk warga sekolah, pengaturan siswa-siswa belajar di sekolah maupun belajar di rumah secara bergantian untuk menghindari kerumunan. (sp)
 
Top