PADANG PANJANG - Pasar Pusat Padang Panjang, Sumatera Barat terpilih sebagai wakil Sumbar dalam  lomba inovasi daerah dalam penyiapan rencana pelaksanaan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 yang diadakan Kementerian Dalam Negeri.

Lomba diikuti seluruh daerah di Indonesia dengan  7 kategori: pasar tradisional, pasar modern (mal, mini market), restoran / rumah makan), hotel / penginapan, pelayanan terpadu satu pintu (PTSP), tempat wisata dan transportasi umum.

"Pasar Pusat Padang Panjang satu- satunya di Sumbar yang ditunjuk mengikuti lomba ini," kata Kadis Perindag IKM Padang Panjang. Arpan, Jumat (5/6) di Padang Panjang.

Salah satu inovasi yang  dikembangkan, kata Arpan adalah pemanfaatan limbah serai wangi sebagai disinfektan pada pasar rakyat ini di era Covid-19. Pemanfaatan limbah serai wangi sebagai disinfektan  merupakan inovasi dari Dinas Perindag  Sumbar yang dikembangkan Dinas Perindag IKM Padang Panjang. 

Dinas Perindag  juga akan mengembangkan inovasi agar penjual dan pembeli tidak bersentuhan langsung saat bertransaksi menggunakan alat kantong yang disodorkan kepada pembeli oleh pedagang. Pembeli dan pedagang menggunakan sarung tangan.

Lomba inovasi daerah berbentuk pembuatan video simulasi riil New Normal Life pada objek/lokasi. 

Lomba berlangsung 1 sampai 8 Juni 2020​​​​ dengan proses pembuatan dan pengiriman video ke Kemendagri. Kemudian, pada 9 s/d 12 Juni 2020​​​​dilakukan tahap penilaian.  Pada 15 Juni Kemendagri akan mengumumkan pemenangnya. (sdm)
 
Top