Para nakes yang dinyatakan negatif Covid-19 dilepas di halaman Rusunawa Painan untuk pulang ke rumah masing-masing. 

PAINAN -  Sebanyak 38  tenaga kesehatan (nakes) Puskesmas Barung Barung Belantai, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan dinyatakan negatif Covid-19. Sebelumnya, mereka semua menjalani karantina di Rusunawa Painan lantaran kontak langsung dengan pasien positif Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pesisir Selatan, Rinaldi dalam rilisnya siang ini mengatakan, 38 nakes itu dinyatakan negatif berdasarkan laporan pihak laboratorium  Biomedik (Riset Terpadu) Pusat Diagnostik Dan Riset Penyakit Infeksi Unand Padang, Nomor 79/06/PDRPI-FK/2020 tanggal 4 Juni 2020. "Ke 38 orang tersebut siang ini pulang ke rumah masing masing," ujar dia.

Sementara itu, sebanyak 23 orang tanpa gejala (OTG) dan orang dalam pengawasan (ODP)  lainya, juga berasal dari tenaga kesehatan di Puskesmas Barung Barung Belantai hari ini diambil sampel swab tenggorokannya untuk diperiksa di labor Unand Padang. Mereka merupakan hasil  tracing lanjutan kontak erat dengan pasien positif dari Padang yang juga PNS di Puskesmas Barung Barung Belantai.

Dari 23 nakes tersebut, 18 orang di antaranya mulai hari ini menjalani karantina di Rusunawa Painan dan lima orang menjalani karantina mandiri di rumah masing masing, karena alasan hamil dan baru saja melahirkan.

Rinaldi juga menjelaskan, hari ini tidak ada penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Pessel. Dengan demikian jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 tetap 18  orang.
  
"Ke 18 pasien positif tersebut, dengan rincian 15  orang sembuh, 1 orang meninggal dan 2 orang dikarantina di Bapelkes Provinsi Sumatera Barat," kata Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Pessel ini. (sp)
 
Top