Faktual dan Berintegritas

Achmad Yurianto. 

JAKARTA - Semua orang harus menggunakan masker. Dianjurkan menggunakan masker yang terbuat dari kain.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan, pemerintah  menjalankan program 'masker untuk semua' per 5 April 2020 kemarin, sesuai anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Semua harus menggunakan masker. Masker bedah dan masker N95 hanya untuk petugas kesehatan. Gunakan masker kain. Ini menjadi penting karena kita tidak pernah tahu orang tanpa gejala didapatkan di luar," ujar Yuri pada konferensi pers, Minggu (5/4).

Lebih jauh dijelaskan Yuri, masyarakat harus menggunakan masker kain jika hendak keluar rumah dan ia menganjurkan penggunaan masker kain tidak lebih dari 4 jam. "Setelah empat jam  harus di cuci dengan sabun," kata dia.

Pengharusan penggunaan masker tersebut lantaran dikhawatirkan masih banyak orang yang terkonfirmasi positif corona berkeluyuran di luar dan tanpa disadari orang tersebut membawa virus corona melalui droplet. Karenanya, masker itu penting untuk digunakan.

"Maka dari itu kami meminta mulai hari ini gunakan masker. Masker untuk semua. Mari saling mengingatkan untuk menggunakan masker," ujarnya mengingatkan sebagaimana dikutip dari CNBC. (jt)
 
Top