Faktual dan Berintegritas

Evakuasi korban galodo. (sumatera post)

BATUSANGKAR - Bencana galodo yang terjadi di Nagari Guguak Malalo, Kecamatan Batipuah Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat Minggu (5/4)  pagi tadi ternyata menimbulkan korban jiwa. Dua orang dinyatakan meninggal dunia akibat musibah tersebut.

Kedua korban meninggal dunia itu adalah ibu dan anak, yakni Bainar (75) dan  Ijun (45). Kedua korban ditemukan sekitar pukul 13.30 tertimbun material longsor tidak jauh dari reruntuhan rumah mereka yang hancur.

Proses pencarian jenazah kedua korban berlangsung lebih dari enam jam, mengerahkan tiga alat berat dan ratusan relawan. Para relawan tersebut, berasal dari Pusdalops BPBD Tanah Datar, Basarnas Pos Payakumbuh, Tagana, PMI, TNI, dan kepolisian dengan dibantu masyarakat setempat.

Petugas Pos Basarnas Limapuluh Kota, Robi Saputra  sebagaimana dikutip Harian Singgalang di tempat kejadian peristiwa (TKP) mengatakan, kedua korban ditemukan setelah tiga alat berat dikerahkan berhasil menyingkirkan material longsoran yang menimbun ibu dan anak tersebut.

Selain menelan korban dua nyawa, bencana itu juga menyebabkan empat rumah warga rubuh dan rusak berat. Jalan provinsi yang menghubungkan Solok dengan Padang Panjang via Malalo juga sempat terputus. Namun berkat kerja keras petugas dan relawan, sekitar pukul 14.00 WIB, sudah bisa dilalui kembali. (td)
 
Top