Faktual dan Berintegritas


AROSUKA - Bupati Solok, H. Gusmal,  meresmikan Masjid Nurul Ihsan Jorong Tangah Padang, Nagari Jawi-Jawi Guguk, Kecamatan Gunung Talang, Jumat (24/7). Peresmian ditandai dengan kegiatan Shalat Jumat perdana.

Masyarakat setempat seperti baralek gadang sehari tadi. Sebagai wujud syukur, masyarakat menyembelih seekor sapi dan seekor kambing.

Ketua Panitia Pelaksana, H. Sakar Soeib, dalam laporannya menyebutkan, keberadaan masjid itu sangat dibutuhkan masyarakat. Sebab di Jorong Tagah Padang belum ada masjid, dan sudah ada surat izin melalui SK dari Bupati Solok maka Mushala Nurul Ihsan ditingkatkan statusnya menjadi masjid.

“Dengan dinaikkan status dari mushalla, maka masjid ini merupakan masjid yang ke-323 di Kabupaten Solok,” sebut Sakar.

Sebelum peresmian, sejumlah fasilitas juga ditingkatkan, di antaranya tempat berwudhu. Hal ini guna  memudahkan masyarakat melaksanakan ibadah dan memperoleh nilai ibadah lebih baik. Selain itu juga telah dilakukan renovasi fisik bangunan.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok, Drs. Alizar, M.Ag, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Solok yang selalu memberikan perhatian lebih di bidang agama. Dengan diresmikannya masjid tersebut, maka sekaligus menjadi masjid yang ke-35 di Kecamatan Gunung Talang. “Dengan sudah dijadikannya mushalla menjadi masjid, maka untuk ke depan masyarakat di Jorong Tangah Padang sudah dapat melaksanakan Shalat Jumat di Masjid Nurul Ihsan ini,” kata Alizar.

Bupati Solok, H. Gusmal, dalam arahannya sangat mengapresiasi masyarakat Tangah Padang Jawi-Jawi Guguk yang ingin memiliki masjid. ”Pemerintah daerah akan selalu mendukung berbagai kegiatan keagamaan demi kemaslahatan umat. Dengan adanya penambahan masjid ini, Insyaallah akan menambah tingkat jemaah yang melaksanakan ibadah di masjid, terutama  pada pelaksanaan Shalat Jumat,” ujar Gusmal.

Gusmal minta agar masyarakat menjadikan masjid sebagai salah satu sumber ajaran agama dengan membentuk berbagai kegiatan agama. Selain itu juga meminta agar mengembangkan fungsi masjid sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan bentuk program untuk pengembangan ilmu di masjid.

Terlihat hadir pada acara tersebut, Sekda Kabupaten Solok, Aswirman, Kakamenag Kabupaten Solok, Drs. H. Alizar, M.Ag, sekaligus sbg Khatib perdana, Anggota DPRD Kabupaten Solok, Iskan Novis, Sp, Kabag Kesra Ahpi Gusta Tusri, Camat Gunung Talang,  Misran, Walinagari Jawi-Jawi Guguk Laswir Malin Putieh, unsur Forkopimcam GunungTalang, Walinagari se-Kecamatan Gunung Talang serta undang lainya. (jn)

 
Top