ilustrasi. 

LUBUK ALUNG - Seekor Harimau Sumatera (panthera tigris sumatrae), masuk perangkap di Korong Surantiah Koto Buruak, Nagari Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, Senin (13/7) pagi tadi. Harimau tersebut diduga yang telah memangsa sejumlah ternak masyarakat setempat.

Informasi yang diperoleh swapena.com. harimau tersebut  masuk ke dalam perangkap sekitar pukul 09.00 WIB. Masyarakat yang mengetahuinya mendatangi lokasi perangkap bersama petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). 

Kepala Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA, Eka Damayanti di Lubuk Alung, mengatakan penangkapan harimau itu berdasarkan laporan dan permintaan warga setempat. Sebab, dalam beberapa hari terakhir ternak masyarakat banyak yang dimangsanya.

"Berangkat dari laporkan itulah BKSDA Sumbar memasang kamera trap untuk melacak pergerakan harimau," kata dia.

Setidaknya ada tujuh ekor kambing sudah mati di dalam kandang dengan kondisi salah satunya habis dimakan hewan buas.

Bhabinkamtibmas Nagari Lubuk Alung, Aipda Syahrizal S yang dikutip Singgalang mengatakan Sabtu lalu, mendapat laporan ada sejumlah kambing warga yang tiba-tiba ditemukan sudah mati. Laporan tersebut ditindaklanjuti dengan mendatangi lokasi bersama BKSDA. 

"Kemudian kita bersama tim BKSDA Sumbar memasang kamera trap, dan ditemukan pergerakan satwa liar diduga harimau," ujarnya. (sgv)

 
Top