BATUSANGKAR - Kasrem 032/Wirabraja Kol (Inf) Amrizen, SE.,MM atas nama Pangdam I/Bukit Barisan menutup secara resmi TNI Manunggal Membangun Nagari (TMMN) ke-108 Tahun 2020 yang berlokasi di Nagari Panyalaian, Kabupaten Tanah Datar, Rabu (29/7).

Penutupan TMMN ini dilaksanakan di Gedung Indo Jolito, Batusangkar yang ditandai dengan penyerahan hasil TMMN dari Dansatgas Letkol Edy Sugiyanto Harahap, yang juga Komandan Kodim 0307 Tanah Datar kepada Bupati Tanah Datar yang diwakili Asisten I Edi Susanto, SH.,MM.

Hadir menyaksikan penutupan TMMN ke-108 ini Kadis PMD Sumbar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM yang didampingi Kabid Kerjasama dan Pembangunan Kawasan Perdesaan Vera Irawati, ST.,MM., Forkopimda Tanah Datar, OPD, Tenaga Ahli P3MD Tanah Datar, Wali Nagari Panyalaian dan tokoh masyarakat.

Hasil fisik TMMN ke-108 ini adalah berupa pembukaan jalan baru sepanjang 2.800 meter dengan lebar 6 meter, pengerasan jalan sepanjang 800 meter, pembuatan 17 buah gorong dan pembuatan plat deker 30 meter. Selain itu kegiatan non fisik berupa penyuluhan Covid-19, penyuluhan hukum, penyuluhan pertanian dan perikanan.

Kasrem 032/Wirabraja Kol Inf Amrizen berharap hasil TMMN berupa fisik ini dapat dipelihara dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Sebab TMMN ini adalah untuk menjawab aspirasi dan kebutuhan masyarakat. "Semakin dipelihara jalan ini tentunya semakin lama manfaatnya dirasakan," kata Amrizen.

Bupati Tanah Datar yang diwakili Asisten I Edi Susanto mengucapkan terima kasih kepada Pangdam I/BB melalui Kasrem atas penyelenggaraan TMMN ke-108 ini, yang tidak saja membuka jalan baru tetapi juga menumbuhkan partisipasi masyarakat. "Melalui TMMN ini masyarakat ikut berpartisipasi, mulai dari penyerahan lahan untuk jalan, tenaga gotong royong, dan membantu makan minum, yang jika dirupiahkan nilainya mencapai Rp5,5 miliar," kata Edi Susanto.

Seusai penutupan TMMN, Kasrem Kol Inf Amrizen bersama Kadis PMD Sumbar Syafrizal Ucok, Asisten I Edi Susanto dan Dansatgas Edy Sugiyanto Harahap, meninjau proyek fisik TMMN ke Nagari Panyalaian, Kec. Batipuh X Koto, sekaligus meresmikan pemakaian penggunaan jalan baru di Jorong Raba'a.

Pada kesempatan itu, diserahkan secara simbolis paket sembako untuk masyarakat, yang berasal dari Satgas TMMN ke-108/2020. Paket tersebut berupa sembako yang diterima langsung oleh perwakilan masyarakat Nagari Panyalaian.

Kadis PMD Sumbar Syafrizal Ucok menjawab pertanyaan media mengatakan, kegiatan TMMN selalu mendapat support dari Pemprov Sumbar setiap tahun melalui Dinas PMD. Tidak saja support dalam bentuk anggaran tetapi juga upaya mengkoordinasikan bantuan dari OPD Pemprov.

Menurut Syafrizal Ucok, untuk tahun anggaran 2020 ini masih ada TMMN ke-109 yaitu di Kabupaten Pesisir Selatan. Sedangkan tahun anggaran 2021 ada lima daerah di Sumbar menjadi lokasi TMMN yaitu Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Agam, Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Solok. (*)
 
Top