PAINAN - Kabupaten Pesisir Selatan memperoleh anggaran yang bersumber dari APBN tahun 2020 sebesar Rp 30 miliar untuk pembangunan sejumlah infrastruktur di daerah ini. Hal itu disebutkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Pesisir Selatan, Era Sukma Munaf didampingi Kabag Humas dan Protokoler, Rinaldi, Kamis (9/7) di Painan.

"Kita bersyukur, meskipun dalam kondisi Pandemi Covid 19, dimana banyak anggaran pembangunan yang dipotong untuk penanganan Covid 19, tetapi Pesisir Selatan tetap memperoleh anggaran untuk pembangunan dan peningkatan sejumlah infrastruktur dari pemerintah pusat melalui Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, yang anggarannya bersumber dari APBN 2020," ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, anggaran Rp 30 miliar yang bersumber dari APBN 2020 itu akan dimanfaatkan untuk pembangunan sarana air bersih di Nyiur Melambai, Kecamatan Ranah Pesisir.

Berikutnya, pembangunan dan peningkatan 4 unit madrasah, pembangunan dan peningkatan 5 unit sekolah serta pembangunan sarana dan prasarana Pamsimas sebanyak 15 unit yang lokasinya tersebar di wilayah Pesisir Selatan.

Dikatakan, Kabupaten Pesisir Selatan membutuhkan pembangunan infrastruktur untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat seperti jalan, bendungan irigasi, air bersih, sekolah dan lainnya.

"Alhamdulillah, tahun ini kita memperoleh alokasi anggaran sebesar Rp 30 miliar dari pemerintah pusat yang bersumber APBN untuk pembangunan sejumlah infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat itu yakni jaringan air bersih, madrasah dan sekolah.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menerima hibah jalan desa dan serahterima pengelolaan jaringan perpipaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kecamatan Ranah Pesisir dan Kawasan Wisata Bahari Mandeh dari Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Penandatanganan berita acara serahterima tersebut dilakukan Bupati Pesisir Selatan, H.Hendrajoni. Sementara Dirjen Cipta Karya diwakili Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Sumatera Barat, Syafriyanti. Acara tersebut dilaksanakan di ruang kerja bupati.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Sumatera Barat, Syafriyanti disela-sela penyerahan hibah jalan desa dan serahterima pengelolaan jaringan perpipaan SPAM tersebut mengatakan, pemerintah terus menggenjot pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan perekonomian masyarakat serta peningkatan kesehatan masyarakat. (rls)
 
Top