PADANG - Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah menjamin semua calon peserta didik SMP di kota itu bisa bersekolah. Untuk itu, orang tua siswa jangan cemas anaknya tidak dapat melanjutkan pendidikan

"SMP adalah tanggung jawab pemerintah Kota Padang. Mereka masuk program wajib belajar. Jadi semua dijamin bisa bersekolah," kata Walikota Mahyeldi dalam coffee morning dan silaturahmi dengan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Barat, Rabu (8/7).

Pertemuan tersebut diikuti Ketua PWI Sumbar, H. Heranof Firdaus dan seluruh pengurus lainnya. Juga ada Ketua DKP PWI Sumbar, H. Basril Basyar dan pengurus lainnya. Dari Pemko Padang ada Kepala Bagian Protokoler dan Komunikasi Pimpinan, Amrizal Rengganis beserta sejumlah pimpinan OPD lainnya.

Walikota memahami kisruh yang terjadi pada penerimaan peserta didik baru saat ini. Namun ia menjamin, khusus calon siswa SMP sekitar 14 ribu orang di kota  itu bisa bersekolah semuanya. Bagi warga yang kurang mampu akan diusahakan tetap bersekolah dengan beasiswa. Salah satu di antaranya melalui Baznas.

Sedangkan untuk calon siswa SMA, kata Mahyeldi Pemko Padang tak bisa berbuat banyak. Sebab pendidikan SMA sederajat adalah wewenang pemerintah provinsi. "Kecuali SMA diserahkan kembali ke kabupaten/kota, tentu kita akan usahakan bagaimana caranya," sebut Mahyeldi sembari mengharapkan pers mendorong pengembalian wewenang SMA ke pemerintah kabupaten/kota sebagaimana sebelumnya. (sp)
 
Top