PADANG - Wakil ketua DPRD Sumbar, H. Suwirpen Suib  serahkan bantuan kepada masyarakat sebagai upaya  penanggulangan ekonomi di tengah pandemi Covid-19, Sabtu (18/7). 

Penyerahan bantuan tersebuh merupakan bagian dari kegiatan pokok pikiran (pokir) Suwirpen sebagai wakil rakyat di DPRD Provinsi. Bantuan disalurkan melalui program wanita rawan sosial ekonomi (WRSE) yang disalurkan oleh Dinas Sosial Provinsi Sumbar. 

Suwirpen menjelaskan bantuan yang diberikan malalui program WRSE ini bukanlah berupa uang. Melainkan dalam bentuk barang-barang yang akan membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat. Misalnya seperti kompor serta  gasnya, kulkas, etalase untuk berjualan, blender dan berbagai benda lain yang bisa dimanfaatkan untuk mencari nafkah. Tiap penerima bantuan mendapatkan benda-benda dengan nilai sama yakni Rp3 juta. Walaupun jenis benda berbeda sesuai dengan kebutuhan usaha masyarakat yang menerima.

"Barang-barang yang diberikan ini tolong jangan dijual. Melainkan gunakanlah untuk berdagang, berwirausaha kecil-kecilan untuk menambah pendapatan," ujar Suwirpen. 

Bantuan tersebut, lanjut dia, haruslah menjadi modal awal masyarakat untuk berdagang. Bukan tidak mungkin usaha masyarakat ini akan menjadi besar dan membawa mereka menjadi pengusaha sukses.

"Saya pun juga bermula dari berwirausaha," ujarnya. 

Dia memberikan tips pada masyarakat, bahwa dalam berdagang atau berwirausaha yang diperlukan adalah kejujuran, rasa percaya diri dan keuletan. Itu merupakan kunci pengusaha sukses.

Untuk diketahui, dari dana pokir Suwirpen disalurkan bantuak WRSE untuk 1.200 orang penerima selama tahun 2020. (*)
 
Top