PADANG - Satu persatu daerah yang berada di pinggiran Kota Padang akhirnya terbebas dari isolasi digital. Daerah yang dulunya tak bisa mengakses internet, kini telah dapat menikmati berselancar di dunia maya.

Salah satu di antaranya adalah Sungai Pisang di Kelurahan Teluk Kabung Selatan, Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Daerah ini semakin melek dengan informasi teknologi. Terlebih setelah Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Padang memasang hotspot internet gratis di daerah tersebut.

Sebagai bukti telah mudahnya mengakses internet di daerah itu, Selasa (21/7), Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah melakukan video conference (vidcon) dengan seluruh camat. Vidcon itu dilakukan di Kantor Lurah Teluk Kabung Selatan bersama jajaran kerjanya melalui aplikasi pertemuan secara daring.

“Kita berharap dengan sudah mudahnya mengakses internet di tiap pelosok daerah dan kelurahan yang ada di Kota Padang, informasi apapun mudah didapat. Masyarakat pun juga merasakan manfaatnya,” terang Mahyeldi saat vidcon tersebut

Mahyeldi menekankan, dengan telah adanya internet di pelosok daerah di Kota Padang juga dapat menggali potensi daerah. Nantinya kantor lurah diharapkan akan menjadi pusat informasi wisata di daerahnya masing-masing. “Serta menjadi pusat belajar daring bagi anak sekolah, terutama di masa pandemi ini,” tutur walikota.

Diskominfo Kota Padang juga telah menerapkan e-kelurahan. Sebanyak 50 kelurahan sudah merasakan internet secara gratis. Wali Kota Padang menginginkan seluruh kelurahan sudah memiliki e-kelurahan di tahun ini.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Padang Rudy Rinaldy menyebut, e-kelurahan merupakan keharusan di tengah pentingnya akses internet bagi masyarakat. Sehingga dengan adanya e-kelurahan akan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi dan berurusan.

“Pastinya dengan adanya e-kelurahan akan memudahkan masyarakat serta meningkatkan perekonomian masyarakat,” terangnya.

Diskominfo Padang bekerjasama dengan provider Icon+ dalam melayani kebutuhan internet di kelurahan. Dalam tahun ini, provider tersebut memberikan layanan maksimal bagi masyarakat.

Dalam vidcon dimaksud nampak hadir di antaranya Asisten II Endrizal, Kepala Disbudpar Arfian, jajaran Dinas Pendidikan, Camat Bungtekab, Lurah, serta unsur Muspika. Setelah melakukan vidcon, Mahyeldi juga mengunjungi dua sekolah yang telah dipasangi internet oleh Diskominfo Padang.(*/ch)

 
Top