PADANG - Perjuangan Sumatera Barat untuk menuju zero Covid-19 mulai menampakkan progres. Setidaknya itu dibuktikan hari ini tidak ada tambahan kasus positif yang baru.

"Hari ini, Rabu 8 Juli 2020, sampai pukul 05.00 WIB, dari 795 spesimen yang terperiksa, di antaranya 765 di Lab Unand dan 30 di Lab Baso Agam, tidak ada terkonfirmasi positif atau nol kasus baru," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat, Jasman Rizal dalam siaran persnya yang diterima swapena.com pagi ini.

Sebaliknya, ia menyebutkan hari ini sembuh 4 orang. "Sebagai informasi, ada data tambahan kesembuhan kemarin sebanyak 4 orang yang belum terpublis, yaitu 1 orang dari Kota Solok dan tambahan sembuh 3 orang lagi dari Kabupaten Pasaman. Sehingga sampai hari ini ada tambahan 8 orang lagi warga Sumbar yang telah sembuh dari Covid-19," terang Kepala Dinas Kominfo Sumbar ini.

Dengan demikian dari 5 orang pasien Covid-19 di kota Solok, telah sembuh 2 orang. "Artinya masih ada 3 orang lagi warga Kota Solok yang dirawat dan isolasi mandiri karena terpapar Covid-19," lanjut Jasman.

Sedangkan warga Kabupaten Pasaman yang terkonfirmasi positif ada 5 orang. Sebelumnya telah sembuh 2 orang. "Berdasarkan hasil pemeriksaan tanggal 6 Juli 2020, sisa 3 orang lagi telah juga dinyatakan sembuh. Artinya, sampai hari ini tidak ada lagi warga Kabupaten Pasaman yang terinfeksi dan dirawat karena Covid-19 atau telah sembuh 100 persen," kata dia.

Dengan perkembangan hari ini, maka total positif Covid-19 di Sumbar masih sama dengan hari kemarin, yakni 780 orang. Dari jumlah sebanyak itu, 645 orang di antaranya dinyatakan sembuh. Sementara yang masih dirawat dan karantina ada sebanyak 104 orang dan yang meninggal dunia 31 orang. (sp)

 
Top