Faktual dan Berintegritas


PADANG - Angka positif Covid-19 di Sumatera Barat kembali bertambah. Berdasarkan update Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Jumat (3/7) terjadi penambahan kasus 10 orang. Dari jumlah sebanyak itu , 9 orang di antaranya berasal dari Kota Padang dan 1 orang lagi dari Kota Bukittinggi.

Dengan adanya penambahan kasus sebanyak itu, maka hingga hari ini, kasus positif corona di Sumbar menjadi 760 orang. "Hari ini terjadi penambahan 10 kasus positif dan empat pasien sembuh," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penangan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal, dalam rilisnya yang diterima swapena.com sore tadi.

Dari 760 kasus positif tersebut, 622 orang di antaranya telah sembuh. Kemudian 50 orang dirawat pada berbagai rumah sakit, 57 orang menjalani isolasi di fasilitas yang disiapkan pemerintah dan meninggal dunia sebanyak 31 orang.

Lebih jauh disampaikan Jasman, 10 orang yang positif tersebut diperoleh dari pemeriksaan 1.690 sampel swab pada Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Fakultas Kedokteran Unand dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso. "Terkonfirmasi sampel positif sebanyak sepuluh orang, yaitu Kota Padang 9 orang dan Kota Bukittinggi 1 orang," kata Kepala Dinas Kominfo Sumbar ini.

Berikut ke 10 pasien positif tersebut:
1. Pria 38 tahun, warga Kalumbuk, Padang, pekerjaan karyawan BUMN. Ia diduga terpapar dari pekerjaan dengan penanganan isolasi mandiri sementara.
2. Wanita 26 tahun, warga Alang Laweh, Padang, pekerjaan Kader Posyandu. Ia diduga terpapar dari pekerjaan dengan penanganan isolasi mandiri sementara.
3. Wanita 42 tahun, warga Sawahan, Padang, pekerjaan karyawan swasta. Diduga terpapar dari pekerjaandengan penanganan isolasi mandiri sementara.
4. Pria 31 tahun, warga Kampuang Jao, Padang, pekerjaan swasta. Ia terinfeksi karena kontak di pasar raya dengan penanganan isolasi mandiri sementara.
5. Pria 72 tahun, warga Pengambiran, Padang yang diduga terpapar dengan kegiatan keseharian. Penanganannya isolasi mandiri sementara.
6. Wanita 48 tahun, warga Batipuah Panjang, Padang, pekerjaan Kader Posyandu. Ia diduga terpapar dari pekerjaandengan penanganan isolasi mandiri sementara.
7. Pria 55 tahun, warga Kampuang Jao, Padang, pekerjaan buruh. Ia diduga terpapar dari pekerjaan dengan penanganan dirawat di RS. Yos Sudarso.
8. Pria 31 tahun, warga Batu Gadang, Padang, pekerjaan karyawan swasta. Ia diduga terpapar dari pekerjaan dengan penanganan isolasi mandiri sementara.
9. Pria 25 tahun, warga Pasa Ambacang, Padang, pekerjaan karyawan swasta. Diduga terpapar dari pekerjaan dengan penanganan isolasi mandiri sementara. 
10. Wanita 42 tahun, warga Mandiangin Koto Selayan, Bukittinggi, pekerjaan karyawan swasta. Yang bersangkutan diduga terpapar dari pekerjaan dengan penanganan isolasi mandiri sementara.

Di samping itu, ada pasien sembuh sebanyak 4 orang dengan rincian :
1. Wanita 80 tahun, warga Pakan Rabaa Tangah Kabupaten Solok Selatan, pasien RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi.
2. Pria 17 tahun, warga Parupuak Tabiang, Padang, pasien karantina BPSDM.
3. Wanita 36 tahun, warga Sungai Likuik Kabupaten Dharmasraya, pasien RSUD Sungai Dareh.
4. Wanita 24 tahun, warga Kuranji, Padang, pasien RSUP Dr. M. Djamil Padang. (sp)
 
Top