PAINAN - Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, membuka pelatihan Identifikasi dan Pengembangan Bakat Olahraga bagi guru Sekolah Dasar (SD) TK/PAUD, dan Kelompok Belajar (KB), di Aula Kantor Disdikbud Sabtu (4/7).

Pelatihan yang diikuti 81 orang guru tersebut, mendatangkan pelatih  Syahrial Bakhtiar, M.Pd, melalui kerja sama Yayasan Sekolah Olahraga (Yasekora)

Bupati Hendrajoni pada pembukaan pelatihan itu menyampaikan bahwa pihaknya akan terus meningkatkan kemampuan kompetensi guru agar Pesisir Selatan benar-benar mampu menghasilkan generasi emas di masa datang.  

"Program identifikasi dan pengembangan bakat ini akan digulirkan pada 2021 mendatang di Pesisir Selatan. Untuk itu sebanyak 81 guru SD dan TK/PAUD dan Kelompok Belajar  kita hadirkan untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas SDM-nya melalui pelatihan sebagaimana saat ini," katanya.

Dia berharap kerjasama dengan Yayasan Sekolah Olahraga (Yasekora) itu, dapat melihat keberbakatan anak pada olahraga secara umum dan ke cabang olahraga secara khusus nantinya di Pesisir Selatan.

Kepala Disdikbud Pesisir Selatan, Suhendri, menerangkan bahwa 81 orang guru SD dan TK/PAUD/KB itu akan mengikuti pelatihan Talent Identification and Development In Sport (TID).

Aggar modul panduan pelatihan identifikasi bakat dikuasai dengan baik, maka hari ini kita menghadirkan, Prof Syahrial Bakhtiar. Dia merupakan salah seorang ilmuwan olahraga, dan juga merupakan Ketua Tim TID Indonesia.

"Kami menyadari orientasi dan deteksi bakat bertujuan memotivasi anak-anak untuk memilih olahraga yang cocok sesuai dengan karakteristik mereka. Bahkan untuk beberapa cabang olahraga, orientasi bakat sudah dilakukan dari sejak awal," ujarnya.

"Pelatihan TID ini juga menerapkan dan  mematuhi protokol kesehatan Covid-19," timpalnya. (rls)
 
Top